UGM Akan Bangun Situs E-Commerce UGM Mall dan Co-Working Space Baru

Co-Working Space ini dibangun sebagai hasil kerjasama antara UGM dan Bank Negara Indonesia (BNI).

UGM Akan Bangun Situs E-Commerce UGM Mall dan Co-Working Space Baru
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Rektor Universitas Gadjah Mada, Panut Mulyono 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono, menyatakan bahwa pihaknya sedang membangun Co-Working Space baru.

Co-Working Space ini dibangun sebagai hasil kerjasama antara UGM dan Bank Negara Indonesia (BNI).

"Betul, lokasinya di dekat Perpustakaan Pusat. Targetnya tahun ini sudah jadi," kata Panut Mulyono saat jumpa pers, Jumat (06/04/2018).

Panut menambahkan, nantinya para mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu bisa bertemu untuk merancang dan menyatukan berbagai ide baru. Inovasi tersebut nantinya akan dibuat menjadi penelitian.

"Penelitian tersebut nantinya akan diseleksi oleh BNI dan UGM, mana yang bisa direalisasikan menjadi produk nyata," papar Panut.

Selain Co-Working Space, UGM juga akan mengembangkan situs UGM Mall, yaitu situs jual-beli online (e-commerce). Nantinya produk-produk karya mahasiswa dan dosen UGM akan dijual di situs tersebut.

"Nantinya akan dibantu oleh pihak lain untuk bisa mempromosikan produk-produk tersebut," tambah Panut.

Meskipun demikian, Panut ingin agar ekosistem dan jaringan kerjasama antara institusi pendidikan, penyokong dana, industri, serta pemerintah harus dibangun terlebih dahulu.

Sebab produk hasil penelitian para mahasiswa dan dosen tersebut diharapkan bisa menembus pasar, tidak hanya bertahan di lingkungan kampus saja.

"Produk-produk lokal kita justru harus mampu bersaing dengan produk luar," kata Panut Mulyono.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati menyatakan akan membantu situs e-commerce UGM dalam bentuk sistem pembayaran.

"Nanti dilakukan secara online. Tentunya proses pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah," jelas Adi Sulistyowati.

BNI dan UGM hari ini melakukan kesepakatan kerjasama dalam bentuk 2 buah MoU. Salah satunya adalah layanan jasa perbankan dalam bentuk pembiayaan dan permodalan.

Selain membantu wirausaha para mahasiswa, BNI juga akan membantu pembiayaan berbagai penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan Dosen UGM.(*)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved