Paus Juga Berbudaya dan Menjaga Tradisi Leluhur

Mereka akan kembali ke lokasi yang sama setiap tahun pada musim panas dan musim dingin untuk mencari makanan, melahirkan, dan membesarkan anak

Paus Juga Berbudaya dan Menjaga Tradisi Leluhur
DoungJi Hong
Ilustrasi paus beluga atau paus putih 

TRIBUNJOGJA.COM - Salah satu spesies terkecil dalam kelompok paus adalah beluga atau paus putih.

Tinggal di laut Arktika dalam kelompok kecil, paus beluga tak hanya pandai menirukan berbagai macam suara.

Sebuah temuan terbaru oleh tim gabungan Internasional menemukan bahwa mereka adalah mamalia laut dengan jiwa sosial yang tinggi.

Dalam makalah yang diterbitkan di jurnal PLOS One, Kamis (22/3/2018), menyebut bahwa paus beluga dapat menghargai budaya, menjaga akar leluhur, dan membentuk ikatan kekeluargaan seperti halnya manusia.

Baca: Lebih Dari 100 Paus Terdampar di Pantai Australia

Sains Jelaskan Peneliti mengamati, paus beluga terus melakukan kebiasaan yang sama dan diteruskan dari generasi ke generasi.

Mereka akan kembali ke lokasi yang sama setiap tahun pada musim panas dan musim dingin untuk mencari makanan, melahirkan, dan membesarkan anak.

Perjalanan ribuan mil mereka tempuh untuk mencapai tempat tersebut.

"Dalam konteks penelitian ini, budaya adalah pengetahuan atau perilaku yang dilakukan dalam kelompok atau masyarakat hewan. Perilaku ini diperoleh melalui semacam pembelajaran sosial," kata Greg O'Corry-Crowe, penulis utama penelitian sekaligus profesor di Florida Atlantic University kepada Newsweek, Kamis (5/4/2018).

Greg berkata ada beberapa syarat munculnya budaya, antara lain terdapat pola yang stabil dalam kelompok, kemampuan untuk mempelajari dan mengingat pengetahuan atau perilaku dalam kelompok, dan beberapa nilai adaptif untuk transmisi serta penerimaan perilaku.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved