Pilkada Magelang: Banyak Data Ganda hingga Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih

Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Magelang perlu segera diperbaiki.

Pilkada Magelang: Banyak Data Ganda hingga Orang Meninggal Masuk Daftar Pemilih
Tribun Jogja/ Rendika Ferry
Panitia Pengawas Pemilihan Desa Deyangan saat menempelkan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah 2018 dari KPU Kabupaten Magelang di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Minggu (25/3/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten Magelang perlu segera diperbaiki.

Pasalnya, banyak ditemui data yang tak valid, seperti banyak pemilih yang meninggal, data pemilih yang ganda, hingga orang tak dikenal masuk daftar pemilih.

Seperti yang ada di Kecamatan Kaliangkrik, terdapat kurang lebih 45 ribu orang pemilih yang terdaftar dalam DPS.

Setelah dilaksanakan uji publik selama dua minggu hingga Selasa (3/4/2018) kemarin, Panita Pengawas Pemilihan menemukan banyak data yang masih salah berikut perkembangan data terbaru.

Diantaranya, ada sebanyak 56 orang pemilih yang meninggal dunia, 74 orang yang pindah domisili, 87 data pemilih yang ganda, dan sembilan orang pemilih tidak dikenal.

Sementara jumlah pemilih baru tercatat sebanyak 177 orang pemilih.

Baca: Panwas Kota Magelang Temukan 27 Orang dengan Gangguan Mental Masuk Daftar Pemilih

"Ada banyak data yang masih belum tepat, seperti data ganda dan pemilih yang tak dikenal. Perkembangan lain adalah mereka, para pemilih yang meninggal, pindah domisili dan para pemilih baru yang terdaftar," ujar Anggota Panitia Pengawas Kecamatan Kaliangkrik, Wiwid Arif Setyoko, Rabu (4/4/2018).

Atas temuan tersebut, pihaknya pun telah melakukan pendataan dan memberikan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Magelang untuk dilakukan perbaikan daftar pemilih sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap nanti.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved