Banyak Pelaku UMKM di DIY Belum Manfaatkan PLUT

Melalui PLUT tersebut masyarakat dapat mengakses serta memperoleh berbagai layanan informasi mengenai UMKM

Banyak Pelaku UMKM di DIY Belum Manfaatkan PLUT
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan
Pembukaan acara Sinergitas Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Hotel Royal Darmo Malioboro Yogyakarta, Rabu (4/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Agus Mulyono, menuturkan banyak masyarakat serta pelaku UMKM di DIY belum memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang diberikan pihak dinas.

Padahal menurutnya melalui PLUT tersebut masyarakat dapat mengakses serta memperoleh berbagai layanan informasi mengenai UMKM, mulai pendampingan UMKM dari hulu hingga hilir.

"Di PLUT akan ada pendampingan yang sifatnya konseling sehingga segala informasi tentang UMKM dapat ditanyakan melalui PLUT tersebut," jelasnya di sela acara Sinergitas Koperasi dan UMKM DIY di Hotel Royal Darmo Malioboro Yogyakarta, Rabu (4/4/2018).

Melalui PLUT tersebut masyarakat yang ingin melakukan usaha baik dari nol sampai berjalan akan benar-benar didampingi dan mendapatkan informasinya.

"Banyak pelaku UMKM itu tanpa rencana dan hanya ikut-ikutan bahkan catatan keuangan saja mereka tak punya, makanya banyak yang setelah dua hingga tiga bulan atau saat penjualan turun mereka bingung dan bangkrut," terangnya.

Oleh karena itu pentingnya pendampingan melalui PLUT yakni untuk meminimalisir hal tersebut karena dalam layanan itu, masyarakat akan mendapatkan informasi tentang bagaimana analisis bisnis, bisnis plan hingga pengelolaan keuangan dan pemasaran produk hingga ke tangan konsumen.

"Dengan pendampingan tersebut harapan kami UMKM memiliki daya saing dan kemandirian sehingga mampu bertahan," pungkasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved