Breaking News:

Ketika Para Ladyboy Mendatangi Pendaftaran Wajib Militer di Thailand

Jika petugas pendaftaran memastikan surat yang mereka bawa adalah asli maka para "ladyboys" itu dinyatakan tak memenuhi syarat dan diizinkan pulang

Editor: Ari Nugroho
Viral Press/Mirror
Issaree Mungman (21), juara Miss Trans Universe Thailand 2018, membawa dokumen yang menyatakan dirinya tak diharuskan mengikuti wajib militer. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANGKOK - Pendaftaran wajib militer di Thailand, Senin (2/4/2018) menyuguhkan sebuah pemandangan menarik ketika para transgender datang mendaftarkan diri.

Para "ladyboys" ini, begitu mereka biasa disebut di Thailand, ini mengenakan pakaian perempuan dan tak terlihat segan mempertontonkan sisi feminim mereka.

Ajang tahunan ini mewajibkan semua pria yang berusia minimal 21 tahun untuk melapor ke barak-barak militer setempat untuk mendaftar dalam wajib militer selama minimal dua tahun.

Sebenarnya, para "ladyboys" ini boleh tak mendaftarkan diri asalkan mereka bisa menunjukkan surat dokter yang membuktikan bahwa mereka adalah perempuan "tipe 2", istilah lokal untuk para transgender.

Baca: 10 Ladyboy Ini Dinobatkan Sebagai yang Tercantik dan Terseksi di Thailand, Lihat Deh Foto-fotonya

Salah satu yang paling mendapat perhatian adalah Issaree Mungman (21), yang merupakan pemenang kontes kecantikan transgender.

Dia mendaftarkan diri di provinsi Krabi dan bahkan sempat berfoto bersama dengan para tentara.

"Saya ingin berterima kasih kepada para prajurit ini. Mereka memperlakukan saya dengan amat baik. Semua berjalan lancar. Semuanya amat ramah dan mendukung saya," ujar Issaree, pemenang Miss Trans Universe Thailand 2018.

Selain Issaree para perempuan transgender di berbagai daerah di Thailand, dengan mengenakan sepatu hak tinggi, kaca mata hitam, dan aksesoris lain berdatangan ke lokasi-lokasi pendaftaran wajib militer.

Mereka datang unutuk menunjukkan sejumlah dokumen yang membuktikan bahwa mereka tak memenuhi syarat untuk menjadi tentara.

Jika petugas pendaftaran memastikan surat yang mereka bawa adalah asli maka para "ladyboys" itu dinyatakan tak memenuhi syarat dan diizinkan pulang.

Baca: Digosipkan Sebagai Transgender, DJ Katty Butterfly Tunjukkan Bukti Valid Dirinya Cewek Tulen

"Di akta kelahiran, saya disebut sebagai pria tetapi di dalam hati saya adalah perempuan. Saya mengatakan hal ini kepada petugas dan dia memercayai itu. Ini hari yang menyenangkan bagi saya," kata Nong Lily (23) yang mendaftar di provinsi Phitsanukole.

Tak hanya para transgender yang dianggap tak memenuhi syarat menjadi tentara, para pria gemuk juga biasanya "selamat" dari wajib militer karena diangap tak cukup bugar untuk menjadi prajurit.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Para "Ladyboys" Datangi Lokasi Pendaftaran Wajib Militer di Thailand", https://internasional.kompas.com/read/2018/04/03/17264341/para-ladyboys-datangi-lokasi-pendaftaran-wajib-militer-di-thailand.
Penulis : Ervan Hardoko
Editor : Ervan Hardoko

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved