Dinas Pariwisata Yogyakarta Siap Terima Tantangan Kota Wisata Ramah Anak

Hasilnya saat ini bisa terlihat yakni muncul kampung-kampung yang mencanangkan diri sebagai kampung ramah anak.

Dinas Pariwisata Yogyakarta Siap Terima Tantangan Kota Wisata Ramah Anak
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rohika Kurniadi Sari dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Octo Noor Arafat saat melakukan sosialisasi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata, Yunianto Dwisutono menjelaskan bahwa pihaknya berani menerima tantangan untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota Wisata Ramah Anak.

Hal tersebut dikarenakan selama ini upaya itu telah dimulai sejak lama.

Hasilnya saat ini bisa terlihat yakni muncul kampung-kampung yang mencanangkan diri sebagai kampung ramah anak.

"Di wilayah selatan pengembangannya juga kami awasi terus jangan sampai wahananya tidak bisa diakses oleh anak-anak, terutama anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik," ucapnya pada Tribun Jogja, Senin (2/4/2018).

Menanggapi banyaknya catatan yang disampaikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terkait Taman Pintar yang pengelolaannya berada di bawah naungan Dinas Pariwisata, ia menuturkan bahwa sebenarnya konsep Taman Pintar sudah mengarah ke ramah anak.

Baca: Tak Ada Satupun Ruang Bermain Ramah Anak di Yogya yang Memenuhi Standar

"Masuk Taman Pintar tidak nayar selama tidak masuk ke zona. Di Playground gratis. Termasuk main di wahana air yang berada di playground juga gratis," bebernya.

Terkait toilet yang masih berbayar di area playground, Yunianto menjelaskan bahwa sebenarnya itu digunakan untuk keperluan kebersihan toilet di playground taman pintar.

Terpisah, Kepala Taman Pintar, Afia Rosdiana menuturkan bahwa Taman Pintar sudah dikelola dengan mempertimbangkan keamanan untuk anak-anak.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved