Kamu Mungkin Tak Sadar, Data-data Pribadi Ini Pun Diambil Facebook dari Kamu

Facebook tak cuma menyimpan alamat e-mail dan kontak telepon pengguna, tapi juga riwayat panggilan telepon dan SMS dari ponsel Android

Kamu Mungkin Tak Sadar, Data-data Pribadi Ini Pun Diambil Facebook dari Kamu
Facebook
Facebook 

TRIBUNJOGJA.com - Facebook tak cuma menyimpan alamat e-mail dan kontak telepon pengguna, tetapi juga riwayat atau rekam jejak panggilan telepon dan SMS dari ponsel Android. Hal ini berdasarkan laporan beberapa pengguna yang mengunduh semua data pada akun Facebook mereka.

“Astaga, kumpulan file Facebook saya berisi setiap panggilan telepon dan SMS yang saya kirim dalam setahun terakhir,” kata pengguna bernama Mat Johnson.

Pengguna lain bernama Dylan McKay mengklaim Facebook bahkan telah mengenali polanya berkomunikasi. Pasalnya, rekam jejak panggilan teleponnya cuma dari orang-orang terdekat.

“Semua rekam jejak panggilan saya dengan ibu kekasih saya dipegang Facebook,” kata dia.

Sebenarnya Facebook tak diam-diam mengumpulkan riwayat telepon dan SMS. Jejaring sosial tersebut telah meminta izin aksesnya langsung ke pengguna, dengan dalih peningkatan algoritma rekomendasi teman.

Baca:

Amankan Akun dan Data di Facebook, Ikuti 5 Langkah Ini

Ini Christopher Wylie, Mahasiswa Pembongkar Skandal Menggemparkan Pencurian Data Facebook

Gawat! 50 Juta Data Pribadi Facebooker Dicuri, Pendiri WhatsApp Ajak Hapus Akun

Permintaan ini ditampilkan facebook saat pengguna meng-install aplikasi Facebook untuk pertama kalinya di ponsel Android. File itu diakses sekali, dan disimpan (cached). Facebook tidak akan memperbarui file cached tadi saat permintaan izin kedua dan seterusnya.

Halaman
12
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved