Heroe Poerwadi: Masyarakat Harus Mencintai, Menjaga dan Melestarikan Bawah Laut Indonesia

Masyarakat harus mulai mencintai, menjaga dan melestarikan keindahan bawah laut Indonesia

Heroe Poerwadi: Masyarakat Harus Mencintai, Menjaga dan Melestarikan Bawah Laut Indonesia
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi saat menyaksikan karya foto jurnalistik dalam Pameran Jelajah Foto Terumbu Karang di Bentara Budaya Yogyakarta, Senin (26/3/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dan Kabiro Kompas Yogyakarta, Bambang Sigap Sumantri berkesempatan membuka pameran foto Jelajah Terumbu Karang 'Laut Kita, Ibu Kita' yang diselenggarakan di Bentara Budaya Yogyakarta, Senin (26/3/2018) petang.

Dalam sambutannya, Heroe mengapresiasi penyelenggaraan pameran fotografi bawah laut tersebut.

Foto-foto yang ditampilkan di ajang pameran ini baginya menjadi sebuah maestro karya jurnalistik di era sekarang.

"Melalui karya jurnalistik inilah kita kembali diingatkan tentang keindahan bawah laut Indonesia yang kaya dan patut kita jaga," ucapnya disela pembukaan.

Selain itu, Heroe juga bercerita pentingnya peran fotografi dalam hal jurnalistik yang mampu membawakan sudut pandang berbeda dari setiap media.

Heore melanjutkan, seorang fotografer tak akan mengambil sudut pandang yang sama dalam setiap pekerjaannya dan selalu memberikan penampakan yang berbeda dari hasil karyanya.

Melalui acara ini, Heroe berharap masyarakat mampu mulai mencintai, menjaga dan melestarikan keindahan bawah laut Indonesia.

"Sudah saatnya kita bangga terhadap bangsa sendiri dan mulai menjaga, melestarikan keindahan bawah laut Indonesia," lanjutnya.

Heroe juga menanyakan perihal foto bawah laut yang tak hanya indah namun kondisi ironis bawah laut yang rusak perlu untuk dipotret sebagai karya jurnalistik.

Hal tersebut menurutnya juga memiliki peran untuk menyadarkan kembali akan ulah manusia dan menjadi pembanding akan terumbu karang yang dijaga dan di eksploitasi.

Dalam acara ini, sekira 60 karya wartawan foto jurnalistik Harian Kompas akan menyuguhkan tampilan keindahan bawah laut nusantara yang layak disebut sebagai segitiga terumbu karang dunia.

Pameran yang diambil dari delapan lokasi berbeda ini akan dipamerkan hingga 1 April 2018 mendatang. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved