BPN Segera Serahkan Aset ke Angkasa Pura I

Hal itu menyusul telah rampungnya proses pembebasan lahan untuk proyek bandara di Temon tersebut.

BPN Segera Serahkan Aset ke Angkasa Pura I
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Warga eks WTT menerima ganti rugi aset non tanah yang terdampak prmbangunan bandara. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam waktu dekat bakal segera melakukan penyerahan aset lahan kepada pemrakarsa pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA), PT Angkasa Pura.

Hal itu menyusul telah rampungnya proses pembebasan lahan untuk proyek bandara di Temon tersebut.

Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Kulonprogo, Suardi mengatakan bahwa proses pembebasan seluruh lahan pembangunan bandara sudah tuntas dengan dirampungkannya konsinyasi ganti rugi oleh Pengadilan Negeri Wates beberapa waktu lalu.

Keseluruhan bidang lahan dalam cakupan Izin Penetapan Lokasi (IPL) bandara kini telah beralih jadi milik negara untuk selanjutnya digunakan AP I dalam pembangunan bandara.

"Tahap pertama penyerahan aset ke AP sudah dilakukan untuk sebagian bidang pada Desember 2016 lalu. Insyaallah akhir bulan ini kami lakukan penyerahan tahap lanjutan," kata Suardi sela pembayaran ganti rugi aset bangunan, tanam tumbuh, dan sarana pendukung lain (SPL) untuk warga eks WTT (Wahana Tri Tunggal) di Balai Desa Palihan, Jumat (23/3/2018) siang.

Baca: AP I: Diskresi WTT Segera Kami Bayarkan Seluruhnya

Untuk diketahui, total lahan yang dibebaskan untuk pembangunan bandara itu mencapai keluasan 587,3 hektare di lima desa.

Proses pembebasan lahan sudah dilakukan sejak 2016 lalu.

Adapun 323 bidang di antaranya diganti rugi melalui konsinyasi di pengadilan.

Selain perkara konsinyasi, kata Suardi, akuisisi bidang tanah wakaf dan makam juga telah diselesaikan sehingga tanah yang semula berstatus tanah pribadi maupun tanah wakaf dan makam sudah berkekuatan hukum tetap untuk beralih status kepemilikannya ke tangan negara.

Halaman
123
Penulis: ino
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved