BI: Kasus Skimming Tidak Pengaruhi Stabilitas Sistem Keuangan

Bank Indonesia mengungkapkan bahwa kasus skimming yang terjadi beberapa waktu yang lalu tidak mempengaruhi kondisi keuangan secara langsung.

BI: Kasus Skimming Tidak Pengaruhi Stabilitas Sistem Keuangan
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Budi Hanoto 

TRIBUNJOGJA.COM - Bank Indonesia mengungkapkan bahwa kasus skimming yang terjadi beberapa waktu yang lalu tidak mempengaruhi kondisi keuangan secara langsung.

Hal tersebut dikarenakan secara jumlah nominal dan pelaku yang melakukan skimming juga dianggap tidak cukup besar untuk mempengaruhi keuangan negara.

Hingga saat ini kondisi keuangan dirasa masih aman, terlebih pelaku tindak kejahatan skimming juga kini sudah ditangkap oleh pihak berwajib.

"Saat ini kondisi masih relatif aman belum mengguncang stabilitas sistem keuangan, karena ini hanya oknum tertentu dan itu sudah ditindak dengan Polri," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Budi Hanoto di kantornya, Senin (19/3/2018).

Selain itu, Budi juga menjelaskan bahwa kasus skimming yang terjadi beberapa waktu lalu juga tidak mempengaruhi tindakan nasabah secara massif.

Karena kejadian tersebut para nasabah tetap tidak melakukan penarikan secara massal atau yang biasa disebut money rush, dan BI tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tidak panik.

"Masih aman tidak ada rush karena skimming tidak (dilakukan) sporadis dan dari pihak bank juga mengganti kerugian korban, jadi masyarakat tida perlu khawatir," tukas Budi. (tribunjogja)

Penulis: Rizki Halim
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved