Wagub DIY Tekankan Pentingnya PMTB Bagi Pertumbuhan Ekonomi

Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dan Persediaan dinilai menjadi faktor penting, dalam mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Wagub DIY Tekankan Pentingnya PMTB Bagi Pertumbuhan Ekonomi
ist
Logo Pemda DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dan Persediaan dinilai menjadi faktor penting, dalam mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, dimana terbentuknya sangat dipengaruhi oleh kegiatan investasi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X, di sela pembukaan agenda Sosialisasi dan Koordinasi Kegiatan Disagregasi PMTB, di Gedung Pracimosono, Komplek Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, pada Jumat (16/3/2018).

Menurutnya, sebagai upaya untuk mengetahui kontribusi PMTB, serta perubahan persediaan terhadap pertumbuhan ekonomi, perlu dicari sebuah keterkaitan, antara besaran PMTB dan persediaan, dengan perkembangan, atau pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah.

"Karena sebagian dari investasi itulah, yang dibelanjakan untuk membeli barang modal dan persediaan, yang akan digunakan dalam kegiatan produksi, atau proses produksi," ungkapnya.

Ia menuturkan, bergeraknya perekonomian suatu wilayah, ditentukan oleh faktor kapital dan tenaga kerja.

Kedua faktor tersebut, menurutnya, merupakan penggerak utama suatu perekonomian yang mengubah input menjadi output, berupa barang dan jasa.

"Investasi diperlukan sebagai suatu bagian penting dalam perkonomian, serta mempunyai keterkaitan langsung terhadap kegiatan ekonomi pada masa sekarang, maupun yang akan datang," tuturnya.

Dengan melakukan investasi, katanya, kapasitas produksi secara otomatis meningkat, yang pada gilirannya akan mengerek output.

Lebih lanjut, dampak yang muncul adalah meningkatnya taraf pendapatan, sekaligus kesejahteraan masyarakat.

"Dalam konteks ini, kegiatan sosialisasi dan koordinasi disagregasi PMTB, penting dan strategis, khususnya terkait dengan tersedianya data PMTB berdasarkan 17 sektor usaha," katanya.

Dia menambahkan, sosialisasi kegiatan disagregasi PMTB dibutuhkan pemerintah untuk membuat kebijakan yang tepat terkait investasi.

Apalagi tahun 2018 ini merupakan tahun investasi, sehingga data investasi menjadi prioritas nasional. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved