Regulasi Mata Uang Kripto dan Pajak akan Diterapkan Pemerintah Thailand

Pemerintah Thailand berencana meregulasi mata uang kripto dan mengenakan pajak atas peredaran mata uang virtual tersebut.

Regulasi Mata Uang Kripto dan Pajak akan Diterapkan Pemerintah Thailand
sky news
Ilustrasi mata uang virtual atau mata uang kripto, salah satunya yakni bitcoin 

TRIBUNJOGJA.COM - Semakin maraknya peredaran mata uang kripto membuat banyak pemerintahan di dunia menyiapkan regulasi dan perpajakan.

Pemerintah Thailand berencana meregulasi mata uang kripto dan mengenakan pajak atas peredaran mata uang virtual tersebut.

Kabinet Thailand sudah merilis dua draf aturan berupa dekrit kerajaan terkait rencana tersebut.

Draf aturan tersebut memuat regulasi mengenai mata uang kripto serta transaksi penawaran koin perdana (initial coin offering/ICO).

Draf juga berisi pengenaan pajak atas mata uang kripto yang mendapatkan keuntungan.

Sebelum jadi Undang-undang (UU) baru, draf tersebut akan dilihat ulang oleh sebuah lembaga di bawah Perdana Menteri sebelum dimasukkan ke kabinet untuk persetujuan final, menurut Bankok Post seperti dikutip dari CoinDesk.

Baca: DJ Butterfly Mengaku Lebih Dikenal di Indonesia daripada di Thailand

Dekrit kerajaan yang menjadi draft tersebut, merupakan salah satu bentuk aturan di Thailand, terutama jika hal yang diatur tersebut berkaitan dengan keamanan publik.

Wakil Perdana Menteri Thailand menegaskan jika aturan ini bukan untuk melarang aktivitas perdagangan mata uang kripto ataupun pelaksanaan ICO, tapi lebih untuk melindungi investor mata uang virtual tersebut.

Sementara untuk pajak, kemungkinan besarannya antara 10 persen hingga 15 persen dari keuntungan investasi mata uang virtual tersebut.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Thailand Berencana Meregulasi Mata Uang Kripto dan Mengenakan Pajak" 
Penulis : Aprillia Ika
Editor : Aprillia Ika

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved