Lipsus Warga Binaan Rutan

Kalapas Wajib Cicipi Makanan Tahanan

Saat warga binaan masuk, mereka memperoleh jatah dua potong pakaian, kotak makan yang disebut ompreng dan gelas.

Kalapas Wajib Cicipi Makanan Tahanan
Dok Agustiyar Ekantoro
Kegiatan tamping dapur saat menyiapkan makan siang untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas II A Yogyakarta (13/3) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jarum jam di ruang Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Yogyakarta, Agustiyar Ekantoro tampak berkumpul di angka 12.

Bersamaan dengan itu, lonceng di Rutan tanda jam makan siang juga berbunyi, Selasa (13/3/2018).

Mendengar lonceng tersebut, Agustiyar meminta Tribun Jogja melihat layar televisi yang didalamnya terdapat tampilan dari sejumlah kamera CCTV yang tersebar di dalam Rutan.

Ia kemudian menunjukkan salah satu aktivitas di rumah tahanan tersebut saat jam makan siang.

Dari pantauan CCTV yang ada di ruangan Ka Rutan itu tampak seorang warga binaan membawa tumpukan piring menuju ke dapur.

Lantaran sudah memasuki makan siang, bisa dipastikan jika tahanan tersebut tengah mengambilkan jatah makan bagi teman-temannya sesama tahanan.

Sambil memperhatikan CCTV di ruangannya, Agustiyar menjelaskan bahwa sesampai di dapur, ada petugas yang berasal dari warga binaan (Tamping) yang akan membagikan makanan.

Tamping dan petugas dapurlah yang nanti akan membagi rata makanan. Nasi, sayur, lauk ditaruh terpisah di piring yang sekilas sama dengan yang sering ada di rumah sakit ini.

Baca: Penggunaan E-Cash di Rutan Wirogunan Berjalan Lancar

Setelah seluruh piring terisi makanan, maka perwakilan tahanan dari masing-masing blok akan membawa makanan tersebut ke blok untuk teman-temannya sesama tahanan.

Halaman
123
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved