Kriminalitas

2 Pelaku Penjambretan dengan Sajam Diciduk Polda DIY

Kedua pelaku tak segan-segan melukai sasarannya dengan senjata tajam (Sajam) jenis clurit saat beraksi.

2 Pelaku Penjambretan dengan Sajam Diciduk Polda DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Pradito Rida Pertana
Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Yogyakarta, Komisaris Polisi (Kompol) M Kasim Akbar Bantilan, SIK, MM, saat menunjukkan barang bukti sebilah clurit yang digunakan pelaku untuk melukai korban saat melakukan aksi curas, Rabu (14/3/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tim Opsnal Satreskrim Polresta dan Tim Resmob Progo Sakti Polda DIY berhasil meringkus dua orang tersangka pencurian dengan kekerasan, Senin (12/3/2018) malam.

Dua orang berinisial MIR alias Iqbal (21) warga Umbulharjo dan DDP alias Cengoh (20), warga Gondokusuman terbilang nekat dalam melakukan aksinya, pasalnya keduanya tak segan-segan melukai sasarannya dengan senjata tajam (Sajam) jenis clurit saat beraksi.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Yogyakarta, Komisaris Polisi (Kompol) M Kasim Akbar Bantilan, SIK, MM, mengatakan penangkapan penangkapan dua jambret itu bermula saat adanya laporan penjambretan yang dialami oleh Ignatius Setiawan Budi (39), warga Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta.

Dikatakannya pula, akibat kejadian yang terjadi di Jalan Kusumanegara, tepatnya di depan LPP Pertanian korban mengalami luka serius akibat sabetan clurit yang dilayangkan tersangka.

Tak hanya mendapat luka, sebuah smartphone dan dompet milik korban juga raib dibawa tersangka.

Lanjutnya, merasa dirugikan baik secara materil dan fisik akhirnya korban membuat laporan ke pihak Kepolisian.

"Saat beraksi keduanya terbilang sangat berani, jadi setelah dapat sasaran langsung dipepet dan dibacok sampai korban jatuh. Setelah korban jatuh barang berharganya diambil dan langsung kabur," katanya, Rabu (14/3/2018).

Lebih lanjut, akibat sabetan clurit dari tersangka, korban mengalami luka pada bagian kepala, untuk bagian jarinya terpotong dua buah dan bagian kaki korban mengalami luka parah hingga tulang kakinya menyumbul dari kulit.

Menurut Kasat reskrim, tak lama setelah kejadian itu korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit terdekat oleh beberapa saksi yang kebetulan melintas dan mendapati korban tersungkur di pinggir jalan.

Menanggapi kejadian tersebut, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dengan Tim Resmob Progo Sakti dan akhirnya berhasil membekuk tersangka lengkap beserta barang bukti sebuah clurit dan satu unit tab dari tangan Cengoh.

Usai dilakukan pengembangan ternyata satu dari kedua tersangka merupakan tahanan dari Polsek Umbulharjo dengan kasus kepemilikan senjata tajam.

Setelah diamankan, kedua pelaku dimintai keterangan oleh pihaknya dan mengakui penjambretan yang dilakukan di Jalan Kusumanegara.

"Jadi eksekutornya itu DDP dan jongkinya si Iqbal. Keduanya ini memang selalu berpasangan saat beraksi dan bisa dibilang sudah berpengalaman dalam melakukan aksinya tersebut," ujarnya. (*)

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved