Inlah Tiga Pesan Penting dari Pengalaman QLUE pada Diskusi PolGov Talks FISIPOL UGM

Fisipol UGM menggelar kuliah umum seri ketiga PolGov Talks, di Auditorium Perpustakaan Fisipol UGM

Inlah Tiga Pesan Penting dari Pengalaman QLUE pada Diskusi PolGov Talks FISIPOL UGM
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM menggelar kuliah umum seri ketiga PolGov Talks di Auditorium Perpustakaan Fisipol UGM, Jumat (9/3/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM menggelar kuliah umum seri ketiga PolGov Talks, di Auditorium Perpustakaan Fisipol UGM, Jumat (9/3/2018).

Kuliah umum bertajuk "Teknologi, Pelayanan Publik dan Partisipasi Pengalaman QLUE di DKI Jakarta" ini menghadirkan pembicara utama yakni Head of Business Development QLUE, Jan Ramos Pandia.

Jan Ramos Pandia menuturkan, setidaknya ada tiga pesan penting dari pengalaman QLUE.

Pertama, teknologi sangat penting dalam peningkatan pelayanan publik dan peningkatan partisipasi warga.

"Teknologi sebatas instrumen yang bisa diaktivasi dengan dukungan kepemimpinan pemerintah daerah yang kuat. Karena pada akhirnya yang menjadi kunci adalah kepemimpinan bukan teknologi," papar Jan Ramos Pandia dalam diskusinya.

Dan yang terakhir, QLUE mengkombinasikan dua hal yakni partisipasi bottom up dari warga dan logika top down dari dalam memaksimalkan pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi.

“Keberhasilan QLUE adalah hasil kombinasi teknologi dan strong leadership. Political will adalah kunci keberhasilan. Teknologi akan sulit terimplementasi tanpa adanya adanya hal ini," tukasnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved