DPRD Kota Yogya Pertanyakan Akreditasi Kampung Wisata

Pemerintah Kota Yogya melakukan akreditasi terhadap 17 Kampung Wisata yang ada di Kota Yogyakarta.

DPRD Kota Yogya Pertanyakan Akreditasi Kampung Wisata
ist
Logo Pemda DIY 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dewan mempertanyakan maksud dan tujuan pemerintah kota melakukan akreditasi terhadap 17 Kampung Wisata yang ada di Kota Yogyakarta.

Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Danang Rudiatmoko mengungkapkan bahwa sebuah Kampung Wisata yakni Pandeyan, menyampaikan masalah mereka terkait tidak adanya dukungan anggaran pada tahun ini untuk kegiatan di sana.

"Maksudnya akreditasi itu apa. Kalau kasusnya seperti Pandeyan sudah dicanangkan Walikota, sudah jadi Kampung Wisata Budaya tapi tiba-tiba tidak dianggarkan, ya mudah-mudahan tidak begitu," ujarnya, belum lama ini.

Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yeti Martanti menjelaskan bahwa pihaknya mulai melaksanakan akreditasi Kampung Wisata pada tahun ini.

Tujuannya adalah untuk mengetahui fasilitas yang ada di Kampung Wisata tersebut.

"Masing-masing kampung wisata nanti akan terakreditasi tumbuh, berkembang, dan mandiri. Kita lihat aspek yang dikembangkan dan ditingkatkan di sana," tuturnya.

Hal tersebut, lanjutnya, juga sebagai penilaian apakah Kampung Wisata tersebut siap menerima dan melayani wisatawan dengan baik.

"Rencananya 8 kampung wisata akan selesai diakreditasi pada Mei ini," tuturnya.

Ketua Kampung Wisata Budaya Pandeyan, Bayu Pintaka menjelaskan bahwa pihaknya telah mengikuti pelatihan terkait akreditasi tersebut.

"Pelatihannya sudah. Tapi resesny belum. Kami juga belum menerima hasilnya," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah aktif menyelenggarakan kegiatan berciri budaya sejak 10 tahun silam.

Acara tahunan yang banyak menyedot animo masyarakat untuk berkunjung ke Kampung Wisata Budaya Pandeyan adalah Ba'da Kupat. (*)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved