Kapolda DIY Akui Peran Penting Pesantren dalam Upaya Menjaga Keberagaman di Masyarakat

Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad ,Dofiri mengaku peran pesantren sangat penting

Kapolda DIY Akui Peran Penting Pesantren dalam Upaya Menjaga Keberagaman di Masyarakat
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, bersilaturahmi bersama pengasuh pondok pesantren sekabupaten Bantul di pondok An-nur Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jumat (02/03/2018) 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad ,Dofiri mengaku peran pesantren sangat penting dalam upaya menjaga ketenangan dan keberagaman di masyarakat.

"Pasti dong, bagaimana pun juga Pondok Pesantren memiliki peran sangat sentral. Sebelum pendidikan formal ada, abad-15, pesantren sudah ada. Peran Pesantren sangat dibutuhkan di tengah kita membutuhkan figur intelektual yang bagus," kata Ahmad Dofiri, saat menggelar silaturahmi bersama para pengasuh pondok pesantren Se-kabupaten Bantul di pondok An-nur, Ngrukem, Sewon, Bantul, Jumat (02/03/2018).

Menurutnya, pondasi dasar yang diterapkan di pondok pesantren berbasis agama islam, sehingga ouput pesantren mengenai pemahaman ajaran islam sangat diharapkan oleh bangsa dan negara.

"Pesantren itu membangun jiwa moralitas. Keberadaannya sangat diharapkan," terangnya.

Ia sendiri sangat berharap kerjasama antara para ulama dan kepolisian sangat penting untuk menenangkan masyarakat terlebih di tengah gejolak yang terjadi di DIY beberapa waktu lalu.

Ia menekankan kepada semua pihak jangan ada provokasi yang bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Dan Alhamdulillah, saya keliling-keliling di DIY semua bisa memahami. Bersama para ulama, kita berembug bareng menjaga keberagaman dan kemajemukan," tutur Kapolda. (*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved