Patahkan Riset Bahwa Harimau Jawa Punah, Pecinta Alam Indonesia Bakal Ekspedisi di TNUK

Tim Ekspedisi Pecinta Alam Indonesia, akan mengadakan ekspedisi di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) pada tanggal 24 Juni-08 Juli 2018.

Patahkan Riset Bahwa Harimau Jawa Punah, Pecinta Alam Indonesia Bakal Ekspedisi di TNUK
suara-alam.com
ILustrasi 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM – Pada tahun 1996, riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan bahwa Harimau Jawa sudah punah.

Namun, keterlibatan Pecinta Alam sejak dua dekade ini banyak menemukan fakta dan mendapatkan informasi bahwa Harimau Jawa diyakini masih ada.

Hal tersebut yang membuat Tim Ekspedisi Pecinta Alam Indonesia, akan mengadakan ekspedisi di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) pada tanggal 24 Juni-08 Juli 2018.

Ekspedisi tersebut bersifat mandiri dan akan diikuti sebanyak 50 orang peserta dari berbagai organisasi pecinta alam di Indonesia serta dari tim TNUK.

Sofyan, dari Perhimpunan Sanggabuana serta pembina dalam ekspedisi ini mengatakan jika tujuan diadakan ekspedisi ini diantaranya untuk membuktikan keberadaan Harimau Jawa di TNUK sebagai habitat hutan-hutan di Jawa.

“Kita ingin membuktikan keberadaan Harimau Jawa berdasarkan informasi serta banyak fakta di lapangan yang memperkuat adanya jejak Harimau Jawa, baik dari jejak kaki, kotoran, guratan, rambut, suara, dan yang lainnya,” ungkap Sofyan saat ditemui Tribun Jogja setelah seminar Menjemput Harimau Jawa di Teatrikal Ushuludin , UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kamis (1/3/2018).

Walaupun banyak ilmuwan di Indonesia yang mengatakan bahwa Harimau Jawa sudah punah.

Namun, Sofyan mengatakan banyak fase temuan morfometri bekas aktifitas selama dua dekade sudah banyak didapatkan.

Untuk membuktikan jika keberadaan Harimau Jawa maupun spesisnya masih ada, Sigit dan tim yang tergabung dalam ekspedisi Harimau Jawa akan mecoba menelusuri keberadaan Harimau Jawa.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved