Perang Suriah

Berebut Wilayah di Suriah, Dua Kelompok Militan Saling Bunuh

Seorang pentolan kelompok jihad Ahrar al-Sham terbunuh di tangan kelompok rivalnya, Hayat al-Sham (HTS)

Berebut Wilayah di Suriah, Dua Kelompok Militan Saling Bunuh
IST
Pembunuhan antara kelompk militan bersenjata semakin sering terjadi, terutama di wilayah Idlib. Daerah ini jadi kantong utama para jihadis dari berbagai negara menyusul kekalahan mereka di Aleppo dan Homs 

TRIBUNJOGJA.COM, BEIRUT - Seorang pentolan kelompok jihad Ahrar al-Sham terbunuh di tangan kelompok rivalnya, Hayat al-Sham (HTS). Kedua kelompok militan ini bersaing memperebutkan pengaruh dan wilayah di Gubernuran Idlib, Suriah.

Menurut sumber-sumber lapangan yang dikutip jaringan berita Al Masdar News, Kamis (1/3/2018) WIB, pemimpin syariah ATS, Hassan Soufan, dibunuh saat tiba di sebuah pos pemeriksaan yang dikuasai kelompok HTS di Kota Idlib.

Baca: Suriah Tuduh AS Terbangkan Pentolan ISIS ke Lokasi Aman

Pembunuhan terjadi beberapa jam sesudah berlangsung baku tembak sengit di antara kedua kelompok di bagian utara Idlib. Pasukan Damaskus untuk sementara menghentikan serangan di Idlib dan Aleppo.

Pembunuhan antara kelompk militan bersenjata semakin sering terjadi, terutama di wilayah Idlib. Daerah ini jadi kantong utama para jihadis dari berbagai negara menyusul kekalahan mereka di Aleppo dan Homs.

Baca: Tanpa Restu PBB, AS Tegaskan Akan Tetap Bercokol di Suriah

Saat Aleppo kembali ke pangkuan pemerintah Suriah, ratusan anggota berbagai kelompok jihadis dievakuasi ke Idlib di bawah pengawasan tentara Rusia. Kini Damaskus berusaha merebut Idlib, selain berjuang di front utama pertempuran Ghouta timur.

Konflik dan pertikaian internal maupun antar kelompok jihadis yang disponsori negara asing ini semakin meningkat. Perubahan politik drastis menyusul menguatnya pemerintahan Bashar Asaad, membuat berbagai kelompok ini berusaha mempertahankan eksistensi masing-masing.

Di sisi lain, kisah mengejutkan datang dari Free Syrian Army (FSA). Ini kelompok pemberontak yang selau dipuji AS dan mendapatkan bantuan teknis maupun militer dari berbagai pihak.

Baca: Lewat Serangan Malam, Suriah Kuasai Kota Strategis di Ghouta

Halaman
12
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved