Hadapi Pelanggar Marka Biku-biku, Polresta Yogya Lakukan Penindakan Dilakukan Secara Berkala

Pembuatan marka tersebut untuk meminimalisir kendaraan yang sering parkir sembarangan dan berpotensi memicu kemacetan di jalan raya.

Hadapi Pelanggar Marka Biku-biku, Polresta Yogya Lakukan Penindakan Dilakukan Secara Berkala
dok. Satlantas Polresta Yogya
Petugas Sat lantas polresta Yogyakarta tengah melakukan Penggembokan terhadap kendaraan roda empat yang parkir di marka Biku-Biku, Jumat (12/01/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satlantas Polresta Yogyakarta terus berupaya guna mewujudkan budaya tertib berlalu lintas di masyarakat.

Hal itu dilakukan dengan melakukan edukasi berupa penindakan terhadap para pelanggar lalu lintas, satu di antaranya adalah pengendara yang kerap memarkir kendaraannya di marka jalan berbiku-biku.

Namun, penindakan yang dilakukan dengan menggembok roda kendaraan tidak bisa dilakukan secara massive karena kurangnya gembok berwarna kuning tersebut.

Perlu diketahui, marka berbiku-biku ialah garis berwarna kuning dengan bentuk menyerupai segitiga yang berada di beberapa ruas jalan Kota Yogyakarta.

Adapun pembuatan marka tersebut berfungsi untuk meminimalisir kendaraan bermotor yang sering parkir sembarangan dan berpotensi memicu kemacetan di jalan raya.

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo mengatakan bahwa di beberapa ruas jalan utama Kota Yogyakarta sudah terdapat marka tersebut.

Disinggung mengenai akan ditambah atau tidaknya marka berbiku-biku belum bisa dikemukakan oleh pihaknya.

"Untuk menambah marka berbiku-biku itu sebelumnya harus rapat forum lalu lintas dulu dengan Dishub (Dinas Perhubungan) dan pihak terkait," katanya, Rabu (28/2/2018).

Sambungnya, saat ini masih banyak pengendara yang melalukan pelanggaran dengan memarkirkan kendaraan bermotornya, khususnya roda empat di jalan yang sudah ditandai marka tersebut.

Pihaknya juga kerap melakukan penindakan kepada pengendara dengan menggembok satu roda kendaraan beroda empatnya.

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved