Paska Bencana Siklon Tropis Cempaka, Legislatif Desak Pemda DIY Segera Lakukan Rehab-Rekon

Rehab-rekon pasca bencana siklon tropis cempaka beberapa waktu lalu, perlu segera dijalankan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

Paska Bencana Siklon Tropis Cempaka, Legislatif Desak Pemda DIY Segera Lakukan Rehab-Rekon
TRIBUNJOGJA.com / Singgih Wahyu
Siklon Cempaka yang berhembus di Kulonprogo beberapa waktu lalu membawa kerusakan pada tanggul Sungai Sein di Pedukuhan II Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kalangan legislatif menilai percepatan pembangunan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon) pasca bencana siklon tropis cempaka beberapa waktu lalu, perlu segera dijalankan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengatakan, pihaknya memberikan lima rekomendasi, yang dihasilkan dari rapat kerja bersama BPBD se-DIY dan TAPD Pemda DIY.

Selain percepatan, ia juga meminta pengerjaan dilakukan bersama warga.

"Dengan semangat gotong royong, kita yakini akan mempercepat pembangunan rehab-rekon, sehingga masyarakat tenang dan mendapatkan kepastian, terutama yang rumahnya rusak berat," katanya, Jumat (23/2/2018).

Eko menyatakan, percepatan dirasa perlu dilakukan oleh Pemda DIY, dengan tujuan supaya warga terdampak bencana bisa segera bangkit.

Ia juga meminta, agar sejumlah anggaran yang telah direkomendasikan, bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Baca: Penanganan Pasca-Bencana Siklon Tropis Cempaka di DIY Masuki Masa Transisi

"Anggaran kita rekomendasikan, agar bisa maksimal menggunakan tenaga kerja dari wilayah setempat secara gotong royong, khususnya keluarga korban bencana, supaya dapat meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Di samping itu, politisi PDI Perjuangan tersebut juga mrekomendasikan, agar belanja pengadaan bahan baku nantinya, bisa memanfaatkan potensi ekonomi di wilayah setempat.

Dengan catatan, harus sesuai peraturan perundang-undangan yang ada.

Halaman
123
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved