148 Toko Modern di Bantul Belum Berizin

Sayangnya, pemerintah daerah melalui Disdag maupun Satpol PP sebagai penegak peraturan daerah belum bisa menindak toko yang belum berizin.

148 Toko Modern di Bantul Belum Berizin
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pihak Dinas Perdagangan Bantul (Disdag) mendata setidaknya ada 148 toko modern di Bantul belum mengantongi izin.

Sayangnya, sampai detik ini pemerintah daerah belum bisa mengambil tindakan tegas terhadap toko-toko tak berizin tersebut.

Data dari Dinas Perdagangan, total ada 251 toko modern di Bantul.

Sebanyak 33 toko diantaranya masuk kategori berjejaring sedang 218 diantaranya toko non jejaring.

Untuk toko non jejaring, ada 142 toko belum berizin sedangkan kategori berjejaring ada enam toko yang belum berizin.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi pada Kamis (22/2/2018) mengatakan bahwa belum adanya izin terhadap ratusan toko modern tersebut disebabkan banyak hal.

"Bisa karena ada syarat yang belum terpenuhi, atau karena memang belum mengajukan izin," kata Subiyanta.

Sayangnya, pemerintah daerah melalui Disdag maupun Satpol PP sebagai penegak peraturan daerah belum bisa menindak toko yang belum berizin.

Alasannya, perubahan atas Perda yang mengatur Toko Modern yang baru sampai saat ini belum diketok meski sudah selesai dibahas.

Perda Toko Modern yang baru sebagai penyempurna Perda Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pendirian Toko Modern masih menunggu dirapatkan dalam skema Rapat Paripurna bersama fraksi dan bupati.

Oleh sebab itu, penindakan toko modern tak berizin masih menunggu Perda yang baru ini selesai.

"Begitu Perda Toko Modern yang baru ini selesai kita siap menertibkan Toko Modern yang belum berizin bersama Satpol PP melalui skema penindakan yang diatur dalam Perda baru itu sendiri, untuk saat ini masih menunggu Rapat Paripurna terlebih dahulu," kata Subiyanta. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved