Wakil Gubernur DIY Meminta ODP Fokus Mensejahterakan Masyarakat

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X meminta OPD DIY untuk fokus menjalankan kegiatan yang langsung bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Wakil Gubernur DIY Meminta ODP Fokus Mensejahterakan Masyarakat
istimewa
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X 

TRIBUNJOGJA.COM - Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DIY untuk fokus menjalankan kegiatan yang langsung bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat sesuai APBD atau APBN. 

“Semua OPD dari perencanaan perlu penyelarasan APBD, Dana Keistimewaan dan Dana Desa. Itu kalau bisa diselaraskan agar tidak simpang siur”, ujar Wakil Gubernur DIY, beberapa waktu yang lalu.

APBD atau APBN difokuskan untuk sektor pendidikan, dalam upaya menurunkan angka putus sekolah, pendidikan berkarakter dan mewujudkan DIY tanpa kekerasan, serta fokus pada kesehatan  agar menyasar pada masalah perbaikan gizi warga miskin dan ibu hamil. 

Paku Alam X juga menambahkan, salah satu hal penting dalam pembangunan di era kabinet kerja yaitu perumusan pembiayaan non government yang mendorong sinergi dan antisipasi pembiayaan yang dilakukan masyarakat sipil swasta. 

Salah satu upaya optimalisasi yaitu melakukan sinkronisasi antara kegiatan pembangunan yang dibiayai APBD maupun APBN agar tidak overlapping.

Sinkronisasi ini harus sudah mulai dilakukan dalam perencanaan, pelaksanaan maupun tahap pengendalian, pelaksanaan APBN pun harus dikoordinasikan intensif di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Gubernur DIY tersebut menyebutkan pesan khusus Presiden Jokowi, bahwa pelaksanaan APBN haruslah berorientasi pada outcome dan output agar agar tercipta sistem tata kelola administrasi APBN yang efisien. 

Selain itu, Paku Alam X juga menambahkan, agar DIY sebagai tulang punggung ekonomi perlu Koperasi dan UKM guna meningkatkan daya saing dan mengutamakan generasi muda untuk mempercepat pertumbuhan wirausaha.  (tribunjogja)

Penulis: Rizki Halim
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved