Breaking News:

Razia Gabungan di Jalan Parangtritis, Petugas Tekankan Tindakan Tilang

Operasi di Jalan Parangtritis merupakan operasi keempat setelah sebelumnya dilakukan di tiga tempat berbeda.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Petugas tengah melakukan pemeriksaan di Jalan Parangtritis, Selasa (20/02/2018). 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL- Razia gabungan petugas dari Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) dan Ditlantas Polda DIY pada kendaraan bermotor roda empat pengangkut orang dan pengangkut barang di Jalan PParangtritis KM 3,5, mengedepankan tindakan tilang.

"Operasi sebelumnya dilakukan di depan gedung LPP dan jalan Sugeng Jeroni. Kita lakukan operasi angkutan orang dalam sosialisasi angkutan sewa khusus yang ada di masyarakat, taksi berbasis aplikasi. Namun, sifatnya kemarin masih sosialisasi himbauan belum ada tindakan. Dan hari ini kita lakukan tindakan," ujar Kepala Kantor Pengendalian Lalu lintas Dishub DIY, Erwin Setiawan, di sela-sela pelaksanaan operasi, Selasa (20/02/2018).

Tindakan yang dilakukan, dijelaskan Erwin berupa tindak tilang bagi kendaraan angkutan barang dan angkutan orang yang terbukti melanggar lalu lintas.

Tampak satu persatu kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Parangtritis dilakukan pemeriksaan uji kendaraan bermotor (KIR).

Selain uji KIR, pemeriksaan juga dilakukan pada identitas kendaraan melalui surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan surat izin Mengemudi (SIM).

"Kita juga periksa terkait kelebihan muatan (Over load) dan cara-cara (kendaraan) memuat barang," ungkapnya.

Kegiatan operasi ini, diakui Erwin merupakan kegiatan rutin.

Operasi di Jalan Parangtritis merupakan operasi keempat setelah sebelumnya dilakukan di tiga tempat berbeda.

"Ini operasi rutin, ke empat. Sebelumnya kita lakukan operasi di depan gedung LPP, Jalan Sugeng Jeroni, Bogem Prambanan, dan hari ini di Jalan Parangtritis, Bantul," paparnya.

Sementara itu, Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda DIY, Kompol Aris Waluyo mengatakan, dalam operasi gabungan tersebut, pihaknya membantu Dinas perhubungan dalam pemeriksaan surat-surat kendaraan dan Izin mengemudi.

"Kita membantu Dishub DIY, untuk pemeriksaan surat-surat pada angkutan barang dan kendaraan roda empat layak jalan," ungkap dia. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved