Breaking News:

Kelompok Palebon Punya Perjanjian, Setahun Tak Keluar Rumah dan Tak Menggunakan Listrik

Sebuah rumah di Palebon, Pedurungan digerebek polisi setelah ada laporan dari warga bahwa rumah itu diduga digunakan oleh aliran sesat

Editor: Mona Kriesdinar
akhtur gumilang
Kondisi dalam dan luar rumah. Tampak pagar besar menjulang tinggi, Kamis (15/2/2018), di rumah Andi. 

TRIBUNJOGJA.com, SEMARANG - Andi Rodiyono pemilik rumah di Palebon RT 1 RW 11 yang digunakan 43 orang untuk menutup diri dari daerah luar mengelak bahwa di dalam rumah ada ajaran sesat yang disebarkan.

Pria 63 tahun tersebut sempat dicecar beberapa pertanyaan oleh aparat polsek Pedurungan setelah rumahnya digrebeg, Rabu (14/2) lalu.

"Ndak ada kegiatan apa-apa di dalam, sudah hampir tiga bulan cuma diskusi masalah kehidupan," jelas Andi.

Ia memaparkan 43 orang yang terdiri dari 11 keluarga itu sepakat melakukan hal itu.

Menurutnya, sebelum menutup diri di dalam rumah yang dimulai pada November 2017, seluruh peserta sudah sepakat terlebih dahulu.

"Ya kami ngobrol-ngobrol dulu lalu setelah sepakat, Asri istrinya tentara itu ngajak kumpul bareng, dia yang punya ide," kata Andi.

Setelah sepakat, setiap keluarga membawa bahan makanan sendiri-sendiri dan semampunya. Persediaan tersebut rencananya akan dikonsumsi selama satu tahun mereka menutup diri dari dunia luar.

Di dalam rumah tersebut sehari-hari para wanita menggunakan kain jarit yang dililitkan dari dada hingga bawah lutut, mereka tidur di kamar-kamar yang ada di rumah. Sementara kaum pria sehari-hari mengenakan sarung dan tidur di luar.

"Nggak ada aturan untuk menggunakan pakaian tersebut. Itu dipilih karena pas untuk semua, sarung kan yang kurus bisa pas yang gemuk juga," tandasnya.

Andi mengungkap rencananya selama satu tahun tersebut mereka tidak akan menggunakan listrik, elektronik, mengkonsumsi makan dengan bahan kimia, dan tidak berinteraksi dengan dunia luar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved