Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur, Meneladani Kembali Nilai-nilai Perjuangan Gus Dur

Acara ini merupakan malam puncak dari rangkaian Sewindu Haul Gus Dur yang sudah dilakukan sejak 4 Januari - 5 Februari 2018.

Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur, Meneladani Kembali Nilai-nilai Perjuangan Gus Dur
Tribun Jogja/ Tantowi Alwi
Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur digelar di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Senin (5/2/2018) malam. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur digelar di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Senin (5/2/2018) malam.

Acara Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur ini dimulai pukul 18.30 WIB.

Fakhrur Rifa'i, Ketua Panitia Peringatan Sewindu Haul Gus Dur mengatakan acara ini dalam rangka memperingati sewindu haul Gus Dur.

"Teman-teman Jaringan GusDurian Jogja mencoba untuk mengajak anak-anak muda di Jogja mengingat kembali nilai-nilai perjuangan yang dilakukan oleh Gus Dur," kata Rifa'i kepada tribunjogja.com.

Ditambahkannya, acara ini merupakan malam puncak dari rangkaian Sewindu Haul Gus Dur yang sudah dilakukan sejak 4 Januari - 5 Februari 2018.

Tujuan Jaringan GusDurian menggelar acara ini karena ingin membuat wadah untuk mengonsolidasikan gerakan dari berbagai organisasi, komunitas, ataupun lembaga.

"Ini menjadi momentum kita untuk ruang bertemu bersama semua elemen," kata Syafi'i.

Hal ini melihat situasi negara saat ini, bagaimana soal ketidakadilan, kemanusiaan menggunakan atas nama agama yang itu menunjukkan gerakan-gerakan untuk memecah belah bangsa.

"Sehingga, perlu meneledani kembali perjuangan Gus Dur, yakni memperjuangkan nilai-nilai keadilan, kemanusiaan, serta menziarahi lagi keteladanan Gus Dur," tuturnya.

"Sangat urgen kita munculkan kembali terutama untuk anak-anak muda serta berbagai elemen gerakan di Jogja untuk menyebarkan keteladanan Gus Dur," tambahnya.

Acara ini dapat diselenggarakan berkat 60 berbagai organisasi, komunitas, dan lembaga yang ada di Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan Tribun Jogja, sekitar pukul 18.00 WIB, ratusan orang sudah memadati di sekitar Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Pada acara ini juga terdapat tarian-tarian dari berbagai daerah, barongsai, stand up comedy, serta ada orasi budaya dari Mahfud MD dan Shinta Nuriyah Wahid.

Kemudian, akan ada penampilan spesial dari Gren Fredly serta acara akan ditutup dengan doa lintas iman yang didampingi oleh Buya Syafi'i Ma'arif. (*)

Penulis: Tantowi Alwi
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved