Haul Gus Dur Jadi Momentum Mengingat Kembali 9 Nilai Utama dari KH Abdurrahman Wahid

Toleransi dan kemajemukan disebutnya menjadi beberapa nilai utama dalam menjaga keindonesiaan ini.

Haul Gus Dur Jadi Momentum Mengingat Kembali 9 Nilai Utama dari KH Abdurrahman Wahid
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan
Satu di antara seniman foto saat menjelaskan makna dari karya foto kepada putri Gus Dur, Alissa Wahid, yang dituangkan dalam pameran foto Membingkai Gus Dur Membingkai Indonesia, Senin (5/2/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Putri presiden ke-empat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Alissa Wahid, resmi membuka pameran foto 'Membingkai Gusdur Membingkai Indonesia' di Galeri Gedung Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Senin (5/2/2018) sore.

Pameran ini merupakan kerjasama antara panitia haul Gus Dur, Prodi Foto ISI Yogyakarta, Kampus Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan Gusdurian.

Dalam pameran ini, Alissa Wahid beserta panitia menekankan tentang nilai-nilai yang menjadi teladan dan contoh bagi generasi sekarang tentang keindonesiaan.

Toleransi dan kemajemukan disebutnya menjadi beberapa nilai utama dalam menjaga keindonesiaan ini.

"Saya senang, pameran ini bukan tentang sosok Gus Dur melainkan nilai-nilai dari sosok Gus Dur lah yang diangkat dan mengingatkan kita tentang cinta kepada sesama dan Indonesia," ujar Alissa Wahid seusai membuka pameran tersebut.

Sementara itu, Mohammad Pandu selaku koordinator pameran mengaku pameran ini sekaligus ingin menyampaikan tentang nilai-nilai yang patut diteladani dari sosok Gus Dur yakni tercantum dalam sembilan nilai utama.

"Kita ingin memperkenalkan nilai-nilai serta pemikiran yang diperjuangkan oleh Gus dur," lanjutnya kepada tribunjogja.com.

Pandu melanjutkan, nilai-nilai dan pemikiran Gus Dur tersebut terdapat dalam 9 nilai utama Gus Dur.

"Yakni nilai tentang ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan serta kearifan lokal," pungkasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved