Haul Gus Dur Diperingati dengan Pameran Foto

Obyek yang diambil menggambarkan nilai-nilai perjuangan presiden keempat RI tersebut.

Haul Gus Dur Diperingati dengan Pameran Foto
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Suasana pameran foto memperingati Sewindu Haul Gus Dur, di Galeri Gejayan, Universitas Sanata Dharma, Senin (5/2 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Panitia peringatan Sewindu Haul Gus Dur menyelenggarakan pameran foto yang digelar di Galeri Gejayan, Universitas Sanata Dharma, Senin (5/2/2018).

Pameran yang akan berlangsung selama sepekan ini bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, khususnya Jurusan Fotografi Fakultas Seni Media Rekam.

Adapun pameran foto Sewindu Haul Gus Dur merupakan satu dari beberapa rangkaian acara peringatan haul (hari wafatnya) Gus Dur yang diselenggarakan panitia yang terdiri dari gabungan berbagai komunitas, organisasi, institusi, dan relawan.

Pameran ini mengambil tema "Membingkai Gus Dur, Membingkai Indonesia," yang merupakan turunan dari tema besar haul Gus Dur tahun ini yaitu "Menjadi Gus Dur, Menjadi Indonesia."

Koordinator pameran, Mohammad Pandu menyampaikan, tema tersebut dipilih karena pameran ini bukanlah pameran foto sosok Gus Dur, tetapi objek yang diambil menggambarkan nilai-nilai perjuangan presiden keempat RI tersebut.

Ia pun menjelaskan, nilai-nilai yang dianggap merepresentasikan laku-hidup Gus Dur dikenal sebagai Sembilan Nilai Utama Gus Dur, yakni ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan, dan kearifan lokal.

Baca: Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur, Meneladani Kembali Nilai-nilai Perjuangan Gus Dur

"Ada sembilan fotografer yang terlibat di pameran ini dan mereka bebas memilih menampilkan nilai yang manaKami berharap. Diharapkan melalui pameran ini para pengunjung bisa meneladani nilai-nilai Gus Dur," ujarnya.

Dari sembilan fotografer, terpilih 39 karya yang akan dipamerkan di Galeri Gejayan hingga 11 Februari mendatang.

Pameran foto ini dikuratori oleh Irwandi dan Pamungkas Wahyu Setiyanto dari ISI Yogyakarta.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved