Sarung Mini Skirt Produk Zara Diprotes Netizen Bhurma

Sarung diadaptasi oleh merek fashion global Zara, yang menyebutnya dengan check mini skirt

Sarung Mini Skirt Produk Zara Diprotes Netizen Bhurma
Zara/IST

TRIBUNJOGJA.COM - Sarung bagi sebagian besar masyarakat Indonesia nyaris telah ditinggalkan dalam busana sehari-hari. Hanya beberapa negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara yang tetap memakainya sebagai identitas. Sebagai contoh adalah Burma. Sarung atau sarong, di negara Bhurma dikenal dengan nama lungi, lungyi, atau longyi.

sama seperti sarung yang dikenal di Tanah Air, lungi juga berupa selembar kain berbentuk tabung yang biasanya melilit pinggang. Bedanya, jika sarung di Indonesia dililitkan dan digulung dipinggang, lungi di Bhurma diikat di bagian depannya.

Cara memakai sarung ini pula yang diadaptasi oleh merek fashion global Zara, yang menyebutnya dengan "check mini skirt" dengan detail di depan. Rok mini ala Zara Ini memiliki detail celah depan di bagian ujungnya dan pengikat berupa resleting di bagian belakang yang tersembunyi.

Meskipun Zara menyebutkan model ini adalah "rokmini", banyak netizen yang berasal dari Bhurma berkeras bahwa itu adalah Lungi dan meminta Zara juga menamainya dengan Lungi.

Banyak komentar online telah menunjukkan keterkejutan mereka saat menemukan item tersebut di katalog Zara.

Sebagian netizen kesal karena Zara tak mau memakai kata Lungi terhadap desain fashionnya tersebut. Komentar lain menuduh merek fashion global tersebut memproduksi pakaian hanya untuk mendapatkan uang di negara-negara Asia. (bbc)

Penulis: iwanoganapriansyah
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved