Kisruh Pengelolaan Gua Pindul, Dewan Ajak Pengelola dan BUMDes Berunding

Pihak operator dan BUMDes seharusnya dapat duduk bersama, menyamakan persepsi, dan bermusyawarah secara baik-baik.

Kisruh Pengelolaan Gua Pindul, Dewan Ajak Pengelola dan BUMDes Berunding
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Ratusan massa dari operator Gua Pindul saat melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Sekretariat BUMDes Maju Mandiri di komplek Balai Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Kamis (1/2/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul akan segera memanggil BUMDes Maju Mandiri dan operator obyek wisata Gua Pindul.

Hal ini menyusul kisruh pengelolaan yang masih saja terjadi diantara keduanya.

"BUMDes kami panggil untuk berdiskusi, dan juga dari pihak operator kami ajak berunding, untuk membicarakan masalah pengelolaan obyek wisata Gua Pindul ini," ujar Suharno, Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Suharno, Kamis (1/2/2018).

Suharno mengatakan, permasalahan yang masih saja terjadi pada pengelolaan Gua Pindul, seperti pembagian hasil antara BUMDes dan operator, kecemburuan yang terjadi di antara operator, atau kelompok baru yang sulit dikendalikan.

"BUMDes bisa membagi berapa persen untuk pengelola atau mereka yang memiliki hak tanah di sana. BUMDes juga harus dapat merangkul seluruh operator dan membicarakan masalah ini bersama," ujarnya.

Menurutnya, pihak operator dan BUMDes seharusnya dapat duduk bersama, menyamakan persepsi, dan bermusyawarah secara baik-baik agar tidak terjadi kesalahpahaman dan dapat mencari solusi atas masalah yang terjadi.

"Setiap komitmen yang dibangun gagal terus menerus, oleh karena itu masing-masing pihak seharusnya dapat menyadari, saling menyamakan persepsi, dan bermusyawarah dengan baik. Tidak perlu berunjuk rasa atau demo-demo itu," ujarnya.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved