Ada 16 Juta Penonton yang Kena Tipu Live Streaming Supermoon di Facebook

Video supermoon tersebut menghimpun lebih dari 16 juta penonton selama empat jam. Belakangan diketahui bahwa video itu "aspal"

Ada 16 Juta Penonton yang Kena Tipu Live Streaming Supermoon di Facebook
ANTARA FOTO
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketika Anda memasukkan kata kunci “supermoon” di kolom pencari Facebook pada Rabu (31/1/2018) malam kemarin, video pertama yang muncul adalah siaran langsung dari akun bertajuk “EBUZZ”.

Video supermoon tersebut menghimpun lebih dari 16 juta penonton selama empat jam. Belakangan diketahui bahwa video itu "aspal" alias asli tapi palsu.

Aliran video memang menampilkan foto supermoon, namun bukan Super Blue Blood Moon yang sedang benar-benar terjadi pada Rabu (31/1/2018) malam kemarin.

Foto yang dipampang sebagai video supermoon itu dibidik fotografer amatir bernama Chris Kotsiopoulos.

Baca: Cagub Terkaya, Nurdin Halid Punya Harta Rp167 Miliar

Ia menjepretnya sekitar sembilan tahun lalu, ketika bulan berada tepat di atas Temple of Poseidon, Yunani.

Foto supermoon itu hanya dipasang selama berjam-jam dengan dibubuhi suara angin. Ada pula penanda tanggal untuk membuat orang percaya.

Chris Kotsiopoulos mengatakan beberapa kali fotonya dicaplok tanpa izin, tetapi tak pernah dimodifikasi sedemikian rupa seperti yang dilakukan EBUZZ.

EBUZZ sendiri berjalan sebagai akun anonim yang administratornya tak bisa dikontak. Page tersebut sudah ada sejak November 2016 dan memiliki lebih dari 250.000 pengikut.

Baca: BREAKING NEWS : Hujan, Angin, dan Ledakan Petir Bersahutan di Sekitar Kalasan Sleman

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved