Pengamatan Gerhana Bulan Total 'Jogja Nyawang Gerhana'

Acara yang tidak dipungut biaya alias gratis tersebut juga akan ada pengamatan gerhana bulan menggunakan teleskop dan binokuler

Pengamatan Gerhana Bulan Total 'Jogja Nyawang Gerhana'
IST
Jogja Nyawang Gerhana

TRIBUNJOGJA.COM - Fenomena alam gerhana bulan pada 31 Januari 2018 dalam satu waktu yakni super moon, blue moon, dan blood moon bisa disaksikan di Alun-alun Selatan, Yogyakarta.

Melalui kegiatan bertajuk "Jogja Nyawang Gerhana", Komunitas Penjelahah Langit mengajak warga Yogyakarta dan sekitarnya untuk menyaksikan fenomena alam ketika matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus.

Acara yang tidak dipungut biaya alias gratis tersebut juga akan ada pengamatan gerhana bulan menggunakan teleskop dan binokuler yang dapat dimanfaatkan oleh masyakarat untuk menyaksikan fenomena ini.

Komunitas Penjelajah Langit, selaku penyelenggaran acara ini berharap akan menambah minat anak-anak terhadap bidang astronomi.

Kegiatan salat gerhana bersama pun akan dilaksanakan dalam kegiatan ini.

Baca: Hadirilah Salat Gerhana Bulan di Masjid Komaruddin

Tiga fenomena dalam satu waktu ini pun terakhir terjadi di Indonesia pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu dan jika kondisi tidak berawan, fenomena ini akan dapat dilihat jelas dengan mata telanjang.

Blue moon sendiri adalah istilah yang digunakan jika terdapat dua kali purnama dalam satu bulan yang sama.

Pada bulan Januari ini, bulan purnama telah terjadi pada tanggal dua kemarin dan hal ini terjadi karena adanya perbedaan jumlah 12 periode bulan dengan periode revolusi Bumi.

Apabila bulan berada pada titik terdekat dari Bumi itulah yang disebut sebagai super moon, bulan akan lebih besar enam hingga tujuh persen dari ukuran biasanya namun, perubahan ukuran ini sulit dibedakan dengan mata langsung.

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved