Dinkes DIY Gencarkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

Peran orang-orang terdekat menjadi sangat penting, untuk menjaga penderita gangguan jiwa agar tidak 'kumat'.

Dinkes DIY Gencarkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kematian Sunaryo, warga Patalan, Jetis, Bantul, di tangan anaknya sendiri, pada Selasa (30/1/2018), mengundang keprihatinan banyak pihak.

Diduga kuat, penyakit ayan yang diderita si anak sejak kecil, membuat emosinya menjadi tak terkendali.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, menilai kasus itu harus jadi perhatian bersama, baik pemerintah, maupun masyarakat.

Tidak hanya dari sisi kesehatan jiwa yang merupakan dampak, lantaran perilaku menyimpang adalah bentuk ketidak serasian antara pertumbuhan fisik, jiwa dan sosial.

"Kita semua punya peran, untuk mulai peduli terhadap hubungan antar keluarga (internal) dan masyarakat, atau lingkungan (eksternal)," ucap Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie.

Ia mengatakan, dari bidang kesehatan, pihaknya terus menguatkan program PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga).

Dengan begitu, peran orang-orang terdekat menjadi sangat penting, untuk menjaga penderita gangguan jiwa agar tidak 'kumat'.

"Itulah peran keluarga dan masyarakat, untuk mengantisipasi, agar tidak terjadi 'kumat'. Bisa menerima kondisinya yang terbatas, memberikan kesibukan, pendampingan untuk rutin konsumsi obat, dan sebagainya," katanya.

Pembajun pun menekankan, supaya jangan sekalipun menyingkirkan, atau sampai melakukan tindakan pasung, baik dalam perasaan, maupun fisik, kepada para penderita gangguan jiwa.

Sebab, menurutnya, yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka adalah perhatian.

"Untuk wilayah Yogyakarta sendiri, kita sudah punya RSJ (Rumah Sakit Jiwa) Grhasia, yang berperan dalam pembinaan untuk pasien gangguan jiwa," terangnya. (*)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved