Angka Pengangguran di Kulonprogo Menurun, Kemiskinan Masih Tertahan

Angka pengangguran saat ini 1,9 persen atau menurun hampir separuh dibanding tahun-tahun sebelumnya yang tertahan di angka 3,2 persen.

Angka Pengangguran di Kulonprogo Menurun, Kemiskinan Masih Tertahan
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Angka pengangguran di Kulonprogo saat ini mengalami penurunan cukup signifikan.

Hanya saja, angka kemiskinan belum bisa seiring sejalan.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan, angka pengangguran saat ini 1,9 persen atau menurun hampir separuh dibanding tahun-tahun sebelumnya yang tertahan di angka 3,2 persen.

Hanya saja, angka kemiskinan hingga saat ini belum bisa diturunkan dan masih di angka 20 persen.

Hal itu didasarkan pada penghasilan masyarakat Rp312.000 per kapita/bulan yang sebetulnya amsih lebih tinggi dibanding Gunungkidul yang masih Rp270.000 per kapita/bulan.

"Karena orang Kulonprogo lebih konsumtif. Ini salah kita, durung becus keselah besus," kata Hasto dalam Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD (Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah) Kulonprogo 2019 di Aula Adikarto, Selasa (30/1/2018).

Disebutnya, pertumbuhan ekonomi Kulonprogo pada 2017 masih pada kisaran angka 4,88% dengan gini rasio 0,38 atau terhitung lebih rendah dari rata-rata nasional dan terendah di DIY.

Adapun angka harapan hidup juga cukup tinggi, 75,15 tahun.

Pihaknya bersyukur angka kesenjangan sosial di Kulonprogo cukup kecil karena menurutnya negara yang sejahtera adalah negara berkesenjangan sosialnya terendah, bukan yang perekonomiannya tinggi. 

Dalam upaya pengurangan kemiskinan, pihaknya mengedepankan poembangunan fisik (infrastruktur) dan pembangunan sumber daya manusianya. 

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved