Ini Peran Sardjito Sehingga Ia Dianggap Pantas Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Sardjito adalah orang yang menggagas pengabdian masyarakat ke dalam Tri Dharma perguruan tinggi.

Ini Peran Sardjito Sehingga Ia Dianggap Pantas Mendapat Gelar Pahlawan Nasional
istimewa
Seminar Regional digelar di Balai Senat UGM, Kamis (25/1). yang bertujuan mengusulkan Prof.Dr.Sardjito sebagai pahlawan nasional 

TRIBUNJOGJA.COM - Prof Dr Sardjito merupakan seorang pendiri UGM dan menjadi rektor pertama di kampus yang besar di DIY ini.

Selain UGM, ia juga terlibat dalam membantu berdirinya sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin bahkan pernah menjadi rektor Universitas Islam Indonesia.

Rektor UGM, Panut Mulyono, mengatakan Sardjito adalah orang yang menggagas pengabdian masyarakat ke dalam Tri Dharma perguruan tinggi.

Sementara Rektor UII Nandang Sutrisno, mengatakan, Sardjito pada tahun 1963 - 1970 menjabat sebagai rektor UII dan dikenal berdedikasi tinggi, jujur terbuka dan selalu kerja keras tanpa pamrih.

"Beliau tidak pernah mau diberi gaji oleh UII, dan selalu menolak uang sidang atau gaji yang disodorkan UII," ungkap Nandang.

Sementara di bidang kesehatan, Prof Dr Sardjito juga berperan dalam lahirnya dua organisasi kepalangmerahan di masa revolusi, yakni pendiri PMI Cabang Klaten dan salah satu pendiri PMI Cabang Bandung.

Ketua PMI DIY, GPHH Prabukusumo, mengatakan pada masa perjuangan revolusi tahun 1947/1948, Sardjito bersama PMI mengusahakan keuangan, mendirikan pos-pos pertolongan pertama, obat-obatan untuk memelihara kesehtan rakyat, tentara dan anggota PMI.

"Prof Sardjito seorang pahlawan bangsa, pejuang yang tidak mengenal lelah, memberikan hidupnya untuk nusa bangsa," tambahnya.(*)

Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved