Forpi Dorong Pemkot Yogya Terapkan Disiplin pada Tenaga Bantu

Pungli di lingkungan pemerintah kota menjadi pintu bagi Forpi untuk melakukan investigasi lebih lanjut, baik terkait antikorupsi maupun integritasnya.

Forpi Dorong Pemkot Yogya Terapkan Disiplin pada Tenaga Bantu
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Petugas kepolisian membawa tersangka pungli saat jumpa pers di Mapolda DI Yogyakarta, Selasa (23/1/2018). Petugas berhasil mengamankan tersangka berinisial IA yang berkerja di kantor Dinas Lingkungan HIdup Kota Yogyakarta beserta uang setelah melakukan transaksi dengan korban yang sedang melakukan pengurusan perijinan. 

TRIBUNJOGJA.COM -  Koordinator Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (Forpi) Kota Yogyakarta, FX Harry Cahya menjelaskan bahwa masih adanya pungutan liar (pungli) di lingkungan pemerintah kota menjadi pintu bagi pihaknya untuk melakukan investigasi lebih lanjut, baik terkait antikorupsi maupun integritasnya.

"Bagi Forpi ini pintu menindaklanjuti integritas PNS, apalagi naban (tenaga bantu) bisa melakukan hal itu. Mereka selama ini diperbantukan, belum punya kewenangan apa-apa, tapi bisa pungli," ungkapnya seusai menggelar jumpa pers, di Sekretariat Forpi Kota Yogyakarta.

Menurutnya, Pemerintah Kota Yogyakarta harus segera menjadikan hal ini sebagai perhatian serius.

Harry menuturkan, pemerintah perlu menerapkan disiplin dari awal naban dipekerjakan.

"Harus dilakukan pembinaan dari awal dan dilakukan rekrutmen secara objektif," urainya.

Terkait adanya kemungkinan pihak lain yang terlibat kasus serupa, Harry enggan berspekulasi.

"Posisi OTT untuk investigasi integritas, bukan ke penyidikan dan penyelidikan. Tapi bagaimana struktur itu melaksanakan tugasnya," tambah Harry. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved