Breaking News:

Hibah Rp3,5 M Cipta Media Ekspresi Untuk Perempuan Pencipta Seni dan Budaya Resmi Diluncurkan

Sosialisasi ini membahas mengenai hibah seni dan budaya pendanaan untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Muhammad Fatoni
dok.pri
Peserta mengikuti sosialisasi Hibah Cipta Media Ekspresi untuk Perempuan Pencipta Seni dan Budaya di aula Kedai Kebun Forum, Jumat (19/1/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ford Foundation dan Wikimedia menggelar sosialisasi Hibah Cipta Media Ekspresi untuk Perempuan Pencipta Seni dan Budaya, Jumat (19/1/2018).

Sosialisasi ini berlangsung di ruang aula Kedai Kebun Forum.

Sosialisasi ini membahas mengenai hibah seni dan budaya pendanaan untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni.

Hibah seni dan budaya ini dibuka untuk publik mulai 8 Januari 2018 dan akan disalurkan oleh Wikimedia Indonesia.

Penerima hibah ini ditentukan oleh delapan juri perempuan independen, yaitu Aleta Baun dari aktivis lingkungan dan politisi, Andy Yentriyani dari aktivis perempuan dan keberagaman, Cecil Mariani dari perancang grafis dan pelaku koperasi, Heidi Arbuckle dari penggagas hibah Cipta media dan peneliti sejarah senirupa.

Selain itu, juri lainnya yang turut menjadi penentu dari penerima hibah ini yaitu Intan Paramaditha dari penulis fiksi dan pelaku kajian media, Lisabona Rahman yang merupakan Ketua Juri, pelaku arsip dan pendataan sejarah film, Naomi Srikandi yang merupakan aktor atau sutradara teater dan pegiat jaringan antara seniman dengan aktivis, Nyak Ina Raseuki dan pesuara dan etnomusikolog.

Juri Anggota Cipta Media Ekspresi, Naomi Srikandi, mengemukakan ada banyak peristiwa-peristiwa yang berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

"Di mana orang-orang yang dikalahkan oleh kekuasaan yang lebih besar seperti, penggusuran, penganiayaan, kekerasan dalam rumah tangga, dan penghinaan," papar Naomi.

Menurutnya, seniman memiliki tanggung jawab untuk mengangkat hal tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved