Tumpukan Sampah Sisa Tahun Baru di Malioboro Menurun Dibanding Tahun Lalu

Menurut pantauan tribunjogja.com, tumpukan sampah terlihat di sebuah jalan yang berada di timur Malioboro.

Tumpukan Sampah Sisa Tahun Baru di Malioboro Menurun Dibanding Tahun Lalu
Tribun Jogja/ Pradito Rida Pertana
Tumpukan sampah di sebuah jalan yang berada di timur kawasan Malioboro, hal itu dikarenakan dua tong sampah sudah tidak bisa menampung banyaknya sampah di daerah tersebut, Senin (1/1/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Malioboro menjadi salah satu kawasan populer bagi wisatawan yang menghabiskan masa liburannya di Yogya.

Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta sering dikaitkan dengan masalah sampah, yang jumlahnya selalu meningkat setiap tahunnya.

Menurut pantauan tribunjogja.com, tumpukan sampah terlihat di sebuah jalan yang berada di timur Malioboro.

Sampah-sampah tersebut memang menumpuk, namun tidak memenuhi ruas jalan tersebut, melainkan terpusat di dua tong sampah yang masing-masing berwana hijau dan hitam.

Sampah-sampah tersebut terlihat menumpuk karena isi dari dua tong sampah sudah melampaui batas.

Sehingga beberapa sampah yang terbungkus plastik dan berada di dalam karung ini berada di pinggir jalan tersebut.

Edi (49), seorang penjual rujak di sekitaran jalan tersebut mengatakan, bahwa sampah yang menumpuk tersebut memang sudah acap kali berada di pinggir jalan itu.

Hal itu dikarenakan titik tersebut sebagai tempat pengambilan sampah oleh petugas kebersihan.

"Kalau di sekitar sini sudah terpusat yang buang, yaitu di situ (tempat sampah yang ada di pinggir jalan). Memang menumpuk tapi dimasukkan ke tong sampah, kalau tidak muat ditaruh di dekat tong sampah dengan dibungkus kantong plastik," katanya, Senin (1/1/2018).

"Sampahnya ditaruh situ karena nanti petugas kebersihan akan mengambil sampah-sampah itu. Biasanya yang ngambilin sampah mulai pukul 07.00 , siang, dan sore. Jadi nggak lama tumpukan sampah itu berada di pinggir jalan," imbuhnya.

Menurutnya, untuk tahun ini, khususnya di saat musim liburan akhir tahun seperti saat ini, jumlah sampah di Malioboro dirasanya berkurang dibanding tahun lalu.

Penulis: rid
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved