Sleman Menjadi Lokasi Penyelengara FDS terbaik

PKH tidak hanya sekedar bantuan uang tetapi peningkatan kapasitas penerima bantuan itu sendiri.

Sleman Menjadi Lokasi Penyelengara FDS terbaik
TRIBUNJOGJA.COM / Arfiansyah Panji
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Sri Murni Rahayu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Arfiansyah Panji Purnandaru

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kegiatan Family Development Session (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Sleman mendapat apresiasi.

Beberapa waktu lalu Pemkab Sleman mendapat penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Lokasi Penyelengara FDS terbaik oleh Menteri Sosial Republik Indonesia.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Sri Murni Rahayu, menjelaskan melalui FDS diharapkan adanya perubahan perilaku keluarga melalui pembekalan pengetahuan dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan anak.

"Pertemuan kelompok dilakukan satu pendamping terhadap 15-20 rumah tangga anggota PKH. Waktu dan lokasi pertemuan disepakati antara pendamping dan peserta PKH, dengan prinsip tidak membebankan peserta PKH," jelas Murni.

"Saya ingin ada beberapa inovasi misalnya di Mojokerto salah satu pendamping bisa membentuk sekolah pintar, itu inovasi dari sisi pendidikan. Saya akan diskusikan dengan pendamping di sini supaya ke depan ​hasilnya bisa lebih signifikan lagi," pungkas Murni.

Ditambahkan Pramono, Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Sosial Dinsos Sleman, PKH tidak hanya sekedar bantuan uang tetapi peningkatan kapasitas penerima bantuan itu sendiri.

"Program ini dianggap program bantuan pemerintah paling berhasil," tuturnya.

Sementara itu, Erni selaku kordinator lapangan pendamping menjelaskan pendamping memiliki kewajiban agar wawasan dan olmu penerima PKH bertambah.

"Output realnya anak harus betah di rumah, rumah yang ramah anak, komitmen antar keluarga dengan anak, cuci tangan dan lain sebagainya. Nilai plus kita, FDS lain hanya arisan kalo kita pendidikan, kesehatan, dan ekonomi," tuturnya. (*)

Penulis: app
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved