Korban Tenggelam di Pantai Baron Akhirnya Ditemukan di Malang

Sudah hampir seminggu Tim SAR Baron melakukan pencarian korban di sekitar Pantai Baron, namun hasilnya nihil.

Korban Tenggelam di Pantai Baron Akhirnya Ditemukan di Malang
istimewa
Jenazah Ilham Desta Andriyanto (15) yang tenggelam di aliran sungai Pantai Baron, Selasa (26/12/2017) akhirnya ditemukan oleh Basarnas Dermaga Pulau Sempu Kabupaten Malang di tiga mil Dermaga Pulau Sempu, Malang (31/12/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tris Jumali

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sungguh mengagetkan jenazah Ilham Desta Andriyanto (15) yang tenggelam di aliran Sungai Pantai Baron, Gunungkidul pada hari Selasa (26/12/2017) ternyata ditemukan di Kabupaten Malang, Senin (1/1/2018).

Sudah hampir seminggu Tim SAR Baron melakukan pencarian korban di sekitar Pantai Baron, namun hasilnya nihil.

Berbagai upaya telah dilakukan Tim SAR dengan mengerahkan puluhan personel dan juga tim penyelam untuk mencari Ilham.

Pada hari Minggu (31/12/2017) sekitar jam 19.00 WIB Petugas SAR DIY mendapatkan informasi dari Basarnas Dermaga Pulau Sempu Kabupaten Malang, telah ditemukan jenazah tanpa identitas tepatnya di tiga mil Dermaga Pulau Sempu Kabupaten Malang sekitar jam 16.00 WIB.

"Ciri-cirinya hampir sama, menggunakan baju putih dan celana gelap," ucap Koordinator SAR Wilayah II Pantai Baron, Marjono.

Jenazah yang ditemukan tersebut menggunakan kaos oblong berwarna putih yang bertuliskan Joger, serta memakai celana 3/4 warna hitam.

Kondisi kulit jenazah diketahui terkelupas.

Kantor Basarnas DIY yang mendapati informasi tersebut langsung menyampaikan penemuan itu ke Posko Satlinmas Pantai Baron II.

Kabar tersebut kemudian dilanjutkan kepada keluarga Ilham untuk memastikan kebenarannya bahwa jenazah itu adalah Ilham.

"Setelah pihak keluarga mencocokan ciri-ciri jenazah hasil penemuan SAR Dermaga Pulau Sempu, keluarga mengambil kesimpulan bahwa jenazah tersebut adalah korban tenggelam di Pantai Baron pada hari Senin (26/12) alias Ilham," terang Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto.

Suris melanjutkan, penemuan jenazah Ilham oleh Basarnas Dermaga Pulau Sempu sebenarnya tidak disengaja, karena saat itu Basarnas sedang melakukan penyisiran perairan Trenggalek untuk mencari dua korban laka laut yang juga hilang di wilayah Malang.

Jenazah Ilham pun di evakuasi ke darat oleh Tim Basarnas dan langsung dikirim ke RSUD Dr Saiful Anwar Kota Malang untuk divisum.

Pihak keluarga pada hari Senin (1/1/2018) jam 01.30 WIB sudah menuju ke RSUD Dr Saiful Anwar untuk memastikan jenazah tersebut.

"Keluarga Ilham sampai RSUD Dr Saiful Anwar jam 09.00 WIB, Senin (1/1/2018) dan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit, dan setelah dicocokan ciri-ciri korban, pihak keluar ga sudah memastikan jenazah tersebut adalah Ilham Desta Andriyanto yang tenggelam di Pantai Baron," terang Suris. (*)

Penulis: trs
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved