Pemkab Sleman Terus Berupaya Kurangi Angka Kemiskinan

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sleman ditargetkan pada 2021 mendatang jumlah KK miskin hanya tinggal 8% saja.

Pemkab Sleman Terus Berupaya Kurangi Angka Kemiskinan
Pemkab Sleman

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Merujuk pada data tahun 2016 lalu, presentase kemiskinan di Kabupaten Sleman mencapai 10,60%.

Sementara itu, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sleman ditargetkan pada 2021 mendatang jumlah KK miskin hanya tinggal 8% saja.

"Dengan kata lain PR (pekerjaan rumah) yang harus kita selesaikan adalah menurunkan jumlah KK miskin di Kabupaten Sleman sebesar 2,60% lagi untuk mencapai target 8% KK miskin pada tahun 2021," ujar Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun.

Muslimatun pun turut memberikan apresiasi kepada seluruh tim penanggulangan kemiskinan serta OPD terkait atas kerjasama dan kesatuan langkah dalam upaya menurunkan jumlah warga miskin di Kabupaten Sleman, sehingga jumlah KK miskin di Kabupaten Sleman menunjukkan penurunan setiap tahunnya.

Lanjutnya, menurunnya angka kemiskinan menandakan straregi yang selama ini diterapkan cukup efektif.

"Namun demikian perlu kiranya kita mengevaluasi berbagai upaya dan strategi yang telah kita lakukan dalam rangka menggenjot penurunan KK miskin di Kabupaten Sleman sebelum akhir periode RPJMD," timpalnya.

Muslimatun pun menjelaskan, bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki perubahan tugas dan fungsi karena penetapan Perda Nomor 11 Tahun 2016 diharapkan mampu menyesuaikan.

Sehingga target yang disusun pun tetap berjalan optimal.

"Oleh karenanya diperlukan peran serta dan kerjasama berbagai pihak baik pemerintah, masyarakat, para akademisi serta pemangku kebijakan lainnya, untuk bersama-sama terlibat secara aktif dalam penyelesaian masalah kemiskinan di Kabupaten Sleman," pungkasnya.

Patut diketahui, bahwa jumlah KK Miskin di kabupaten sleman paling banyak di Kecamatan Seyegan yaitu 3.381 KK dengan 11.079 jiwa, dan yang terendah ada di Kecamatan Pakem yang hanya 955 KK dengan 3.195 jiwa. Jumlah KK rentan miskin terbesar ada di Kecamatan Sleman dengan 5.536 KK dan terendah di kecamatan Depok dengan 2.539 KK. Sementara Jiwa rentan miskin terbanyak ada di kecamatan Godean yaitu 16.198 jiwa dan terendah ada di Kecamatan Depok yaitu 8.079 jiwa. (*)

Penulis: app
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved