Ini Tanggapan Polda DIY Terkait Surat Terbuka dari FKKU

Hal tersebut dilakukan karena mereka telah melanggar peraturan Peraturan Daerah (Perda) mengenai perparkiran

Ini Tanggapan Polda DIY Terkait Surat Terbuka dari FKKU
TRIBUNJOGJA.COM / Hening Siswanto
Salah seorang wisatawan menunjukkan karcis parkir di kawasan alun-alun utara Yogyakarta, Rabu (27/12/2017) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Pradito Rida Pertana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menanggapi surat terbuka dari Forum Komunikasi Kawasan Alun-alun Utara (FKKU) kepada Kapolda dan Kapolres se-DIY, terkait diamankannya beberapa juru parkir (Jukir) nakal, Polda DIY melalui Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, memberikan tanggapannya.

Menurutnya, Polda DIY tetap menindak para jukir liar, begitu pula dengan masalah pengendara kendaraan bermotor yang kerap parkir di sembarang tempat, apalagi di tempat tersebut sudah tertera rambu-rambu larangan parkir.

Hal tersebut dilakukan karena mereka telah melanggar peraturan Peraturan Daerah (Perda) mengenai perparkiran, dimana pihaknya memiliki kewenangan untuk menindak para pelanggar Perda tersebut.

"Ada tantangan maupun tak ada tantangan seperti di surat terbuka itu, polisi tetap komitmen untuk menertibkannya. Baik yang pasang tarif ilegal atau pengemudi yang parkir sembarangan akan kami tilang," katanya, Jumat (29/12/2017).

Lanjutnya, dengan dilakukannya penilangan atau penangkapan seperti kemarin tentu akan membuat efek jera bagi pelaku.

Tapi, ia menilai bahwa peran serta pihak terkait juga sangat dibutuhkan dalam permasalahan parkir tersebut.

Mengingat masalah perpakiran sudah ada pihak yang menangani, dan pihaknya hanya sebagai pelaksana di lapangan untuk hal penindakan.

"Tilang memang untuk menjerakan pelaku, tapi jika ditindak semua juga kebanyakan akan mengulanginya lagi. Para stakeholder juga harus berkecimpung dalam hal ini, karena bukan ranah kita saja, dan untuk penindakan tetap kita yang lakukan karena itu masuk kewenangan kita," ulasnya. (*)

Penulis: rid
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved