Breaking News:

Diperkirakan 40.000 Wisatawan Berkunjung ke Gunungkidul pada Malam Pergantian Tahun

Dinas Pariwisata Gunungkidul optimis pada liburan akhir tahun bisa mencapai Rp 1,5 miliar walaupun Gunungkidul sempat dihadapi bencana.

istimewa
Di kawasan Embung Nglanggeran bisa menikmati pesta kembang api dan pertunjukan musik dengan pengisi acara NOS Band, Agung Pradanta n Friends serta Campur Sari Sido Rukun (SRGK) pimpinan Dimas Tedjo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tris Jumali

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan pada malam pergantian tahun nanti akan ada sekitar 40.000 kunjungan, Jumat (29/12/2017).

Hary juga menuturkan, saat ini jumlah Pendapatan Asli Daerah Dinasi Pariwisata Gunungkidul sudah melebihi target secara keseluruhan.

Diketahui pada tanggal 20 Desember 2017 kemarin telah tercapai Rp 25.246.144.000 atau 99,3% dari target PAD retribusi yang sebesar Rp 25.667.728.750.

Kurang dari Rp 1 miliar lagi maka target PAD Dinas Pariwisata Gunungkidul akan tercapai.

"Kalau sekarang kita sudah diangka 26,4 M, dan sudah melebihi target 2017. Sampai kemarin, Kamis (28/12/2017) dari musim liburan Natal jumlah PAD yang sudah kita dapatkan ada Rp 1.039.492.400," tambahnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Saryanto optimis pada liburan akhir tahun bisa mencapai Rp 1,5 miliar walaupun Gunungkidul sempat dihadapi bencana.

Target tersebut diyakini Hary mampu tercapai karena masih ada beberapa hari lagi menjelang pergantian tahun.

"Kita yakin mampu (mencapai target) karena masih ada tiga hari lagi sampai tanggal 1 Januari 2018. Optimis bisa tercapai untuk target khusus akhir tahun ini," terang Hary.

Ia memperkirakan pada puncak akhir tahun nanti akan ada 40.000 kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, dan objek wisata pantai pun masih menjadi favorit bagi para pengunjung.

"Kunjungan wisatawan masih banyak di pantai. Kalau Kalisuci saat ini masih tutup karena lumpur kemarin. Teman-teman Pokdarwis yang akan melihat situasinya, kalau cuaca memungkinkan bisa dibuka," terangnya.

Menyambut libur akhir tahun, Dinas Pariwisata bekerjasama dengan OPD terkait dan kelompok masyarakat menyelenggarakan berbagai event menarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberi hiburan kepada masyarakat Gunungkidul.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinasi Pariwisata, Supartono menuturkan, di kawasan Pantai Wediombo pada tanggal 31 Desember 2017 mulai pukul 08.00 WIB akan dilaksanakan kegiatan Festival Selancar, lomba fotogafi, kampanye minum kopi gratis oleh komunitas kopi dan pertunjukan musik, serta pesta kembang api pada malam pergantian tahun.

"Selain itu, pada tanggal 30 Desember juga diadakan pentas seni untuk menghibur pengunjung. Rangkaian kegiatan di Pantai Wediombo ini dilaksanakan oleh Pokdarwis Wediombo, Pemerintah Desa Jepitu, dan Wediombo Surfing Community, dengan didukung oleh berbagai komunitas serta Dinas Pariwisata Gunungkidul di DIY," jelasnya. (*)

Penulis: trs
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved