Sekda DIY Pastikan 2 Januari Bukan Hari Cuti Bersama

Tidak dicantumkan dalam SKB Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomor 01/Skb/Menpan-Rb/09/2017 bahwa 2 Januari merupakan cuti bersama.

Sekda DIY Pastikan 2 Januari Bukan Hari Cuti Bersama
TRIBUNJOGJA.COM
Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi, menegaskan bahwa 2 Januari 2018, bukan merupakan hari cuti bersama.

Hal itu, sesuai dengan penuturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.

"Sudah jelas, 2 Januari bukan hari libur, enggak, sopo kondo? Artinya, kalau memang bukan hari libur, atau cuti bersama, aturan kepegawaian, ya tetap dipakai," ujarnya, saat dijumpai di komplek Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Kamis (28/12/2017).

Gatot pun memastikan, jika pada tanggal tersebut terdapat PNS yang nekat membolos, pihaknya tidak segan menjatuhkan sanksi, sesuai dengan peraturan berlaku.

Ia pun menegaskan, kalau memang tidak ada edaran libur, aparatur sipil negara harus mematuhinya.

"Sanksinya banyak, misal remunerasinya berkurang, teguran, atau yang lainnya. Kalau tidak ada edaran libur, ya jangan libur. PNS harus begitu," ungkapnya.

Bahkan, lanjut Gatot, selama ini, banyak PNS yang tetap menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat, meski di tanggal merah sekalipun.

Fenomena itu, menurutnya, bisa dijadikan contoh bagi PNS lainnya, untuk menaati setiap aturan, khususnya yang berkaitan dengan hari libur.

"Lihat saja, selama ini, ada PNS yang bertugas walaupun tanggal merah. Banyak yang tetap kerja. Misalnya, Dinas Perhubungan, Kesehatan, pelayanan publik mereka tetap buka," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, menyampaikan statement tersebut, setelah dijumpai banyak pertanyaan yang diajukan sejumlah pihak, apakah tanggal 2 Januari 2018, merupakan cuti bersama atau tidak.

Dikutip dari laman Kompas.com, Asman menjelaskan, bahwa ketentuan cuti bersama sudah diatur secara jelas dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomor 01/Skb/Menpan-Rb/09/2017.

Selain Asman, surat itu juga ditandatangani oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, pada 22 September 2017 silam.

"Hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 sebanyak 21 hari, yang terdiri dari 16 hari untuk libur nasional tahun 2018 dan 5 hari untuk cuti bersama. Tidak dicantumkan dalam SKB itu, bahwa tanggal 2 Januari merupakan cuti bersama," ungkap Asman. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved