DPPAI UII Gelar Seminar Nasional Keislaman dan Kebangsaan

Seminar nasional Keislaman dan Kebangsaan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dilaksanakan di Auditorium Kahar Mudzakir.

TRIBUNJOGJA.COM / Tantowi Alwi
Suasana Seminar Nasional Keislaman dan Kebangsaan “Memposisikan Pancasila dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan” di Auditorium Kahar Mudzakir, Rabu (27/12/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII menggelar Seminar Nasional Keislaman dan Kebangsaan “Memposisikan Pancasila dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan”, Rabu (27/12/2017).

Seminar nasional Keislaman dan Kebangsaan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dilaksanakan di Auditorium Kahar Mudzakir.

Rektor UII, Nandang Sutrisno mengatakan kegiatan ini sejalan dengan tujuan UII dalam konteks pembentukan karakter Islami bagi mahasiswa yang berwawasan keislaman dan kebangsaan.

Baca: Penolak Nyamuk Aromaterapi Karya Mahasiswa UII Yogyakarta Raih Prestasi Internasional

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin DPPAI UII dalam skala regional dan nasional, di mana sebelumnya juga telah menghadirkan beberapa tokoh-tokoh nasional," kata Nandang.

Pada penyelenggaraan seminar kali ini beberapa pembicara yang akan hadir antara lain Brigjen TNI Fajar Setyawan, (Komandan Korem 072 Pamungkas), Adian Husaini (Ulama Bogor), Prof Dr Moh Mahfud MD (Akademisi Guru besar Fakultas Hukum UII) dan Prof Dr Sudjito, SH MSi (Akademisi Guru besar Fakultas Hukum UGM).

Sementara itu, Kepala Divisi Pengkajian dan Pengembangan Keislaman DPPAI UII, Umar Haris Sanjaya mengatakan berkenaan dengan tema yang diangkat, penduduk Indonesia sejatinya merupakan masyarakat yang bermayoritas beragama Islam (Muslim).

"Sebenarnya masyarakat Muslim di Indonesia tidak pernah bertentangan atau menentang Pancasila. Sebab, para peletak atau penyusun dasar Ideologi negara ini sebagian besar berasal dari cendekiawan Muslim," kata Umar.

Ia melanjutkan apabila dilihat bahwa terbentuknya prinsip dasar negara rohnya ideologi Pancasila adalah Piagam Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Tantowi Alwi
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved