Kawasan Selatan Kulonprogo Bakal Dikembangkan Secara Terpadu

Untuk menahan gelombang laut selatan, nantinya akan ditanamkan cemara udang dan mangrove.

Kawasan Selatan Kulonprogo Bakal Dikembangkan Secara Terpadu
Tribun Jogja/ Yoseph Hary W
Seorang pengunjung menikmati suasana kawasan Laguna Pantai Glagah, beberapa waktu lalu. Laguna menjadi salah satu titik di kawasan Pantai Glagah yang bakal dimaksimalkan sebagai potensi wisata Kulonprogo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Kawasan selatan Kulonprogo ke depan dikembangkan secara terpadu oleh Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Keberadaan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) menjadi pemantik perlunya pengembangan itu dilakukan.

Sekretaris Daerah Kulonprogo, Astungkara, mengatakan pihaknya saat ini tengah meninjau kembali konsep penataan kawasan selatan.

Terutama dengan adanya bandara, industri pengolahan pasir besi, dan juga pelabuhan perikanan Tanjung Adikarto.

Selain itu, adanya pertanian lahan pasir di kawasan tersebut juga mendorong Pemkab untuk lebih jauh mengkonsep penataan kawasan selatan.

Cetak biru pengembangan dan penataan kawasan selatan saat ini tengah digodok Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pariwisata.

"Adanya bandara itu menjadi hal terpenting dalam cetak biru kawasan selatan," kata Astungkara, Senin (18/12/2017).

DIjelaskannya, garis besar cetak biru kawasan selatan adalah bagaimana mempertahankan kawasan wisata tetap dapat dikembangkan sebagai objek wisata.

Sedangkan untuk menahan gelombang laut selatan, nantinya akan ditanamkan cemara udang dan mangrove.

Namun begitu, penataan kawasan pantai di sepanjang lahan berdampingan dengan wilayah bandara menurutnya perlu dibicarakan lebih lanjut antara PT Angkasa Pura I, Pemerintah DIY, dan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Di sisi lain, penataan kawasan pantai Glagah juga tengah dilakukan bertahap. Di mulai dari penataan areal sempadan dengan pendataan bangunan liar.

Project Manager Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I (Persero), Sujiastono menyebut sudah seharusnya penataan sempadan pantai mendukung konsep Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) bandara. Namun, konsep pengembangannya lebih jauh masih dalam pembahasan.(*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved