Begini Gaya Keren Sandiaga Uno Saat Disuntik Vaksin Difteri

Saya ingin memberikan contoh mengikuti program yang sekarang digalakkan pemerintah pusat dan Pemprov DKI, yaitu imunisasi difteri.

Begini Gaya Keren Sandiaga Uno Saat Disuntik Vaksin Difteri
Kompas.com
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat disuntik difteri di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/12/2017). (KOMPAS.com/JESSI CARINA ) 

TRIBUNJOGJA.COM — Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno disuntik difteri di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (15/12/2017). Sandiaga ingin menjadi contoh yang baik bagi masyarakat agar mau disuntik difteri.

"Saya ingin memberikan contoh mengikuti program yang sekarang digalakkan pemerintah pusat dan Pemprov DKI, yaitu imunisasi difteri," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan bertemu dengan ribuan orang setiap pekan. Oleh karena itu, Sandiaga merasa perlu vaksinasi difteri sebagai upaya pencegahan penularan.

Sebelum disuntik, Sandiaga lebih dulu diperiksa tensi darahnya. Sandiaga harus melepas kemeja dan menyingsingkan lengan bajunya agar bisa disuntik di bagian lengan kanan.

Gaya Sandiaga bermacam-macam saat sedang disuntik. Sesekali dia berekspresi datar, kemudian dia berekspresi terkejut.

Sandiaga juga sempat mengeluarkan gaya andalannya, yaitu gaya burung bangau saat disuntik.

" Difteri menjadi sangat berbahaya kalau tidak di-treat selama 2-3 hari dari kontak dan berpotensi sampai meninggal," ujar Sandiaga.

Serangan wabah penyakit difteri di Jakarta terus meningkat dari tahun ke tahun. Kasus difteri di Jakarta juga termasuk kejadian luar biasa (KLB).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan outbreak response immunization (ORI) di 5 wilayah dan 1 kabupaten.

Mekanisme imunisasi ORI dilakukan jika seorang terjangkit penyakit difteri, semua orang di suatu kawasan tersebut harus diimunisasi, tanpa kecuali. Imunisasi serentak dilakukan mulai 11 Desember 2017.

Ia menjelaskan, dalam tahap ORI diperlukan tiga kali penyuntikan yang dilakukan dalam tahap-tahap tertentu.

Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved