Harga Smartphone Semakin Mahal, Ini Penyebabnya

Dibanding kuartal yang sama setahun lalu, kenaikan harga jual rata-rata smartphone di Indonesia bahkan lebih tinggi lagi.

Harga Smartphone Semakin Mahal, Ini Penyebabnya
ist
ilustrasi smartphone 

TRIBUNJOGJA.COM - Smartphone modern banyak menerapkan fitur ekstra, seperti layar minim bingkai (bezel less), kemampuan anti-air, hingga artificial intelligence.

Konsekuensinya, harga jual smartphone pun ikut terdongrak.

Hal itu terjadi di Indonesia.

Menurut laporan firma riset pasar IDC, pada kuartal III-2017, harga jual rata-rata (average selling prices/ASP) smartphone di Tanah Air mengalami kenaikan tajam hingga mencapai 193 dollar AS (Rp 2,6 juta), atau 9 persen lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya.

Dibanding kuartal yang sama setahun lalu, kenaikan harga jual rata-rata smartphone di Indonesia bahkan lebih tinggi lagi, yakni mencapai kisaran 31 persen.

IDC mengatakan kenaikan harga tersebut antara lain disebabkan oleh banyaknya model-model smartphone populer dari para vendor besar, seperti Samsung dan Oppo yang kini dijual lebih mahal dari sebelumnya.

Ke depan, IDC memproyeksikan bakal ada lebih banyak perusahaan smartphone yang mengekor tren penerapan fitur ekstra, seperti kamera ganda dan layar bezel-less, dengan harapan bisa memancing konsumen untuk upgrade.

Harga jualnya pun akan menyesuaikan.

“Fitur-fitur ini yang sebelumnya hanya dapat ditemukan secara eksklusif pada smartphone high-end seperti Galaxy S8, nantinya akan jadi semakin mainstream,” sebut IDC dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (23/11/2017).

Smartphone low-end masih primadona

Halaman
12
Editor: oda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved