Mahasiswa UKDW Ciptakan Aplikasi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kompetisi ini menghasilkan berbagai solusi kreatif atas permasalahan yang dihadapi di lingkungan sekitar.

istimewa
Mahasiswa Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UKDW juara 1 dalam kompetisi dengan menciptakan aplikasi untuk kesehatan ibu hamil. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tim mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UKDW meraih prestasi dalam kompetisi TBIG CreatiON 2017.

Aplikasi Boolala yang mereka ciptakan berhasil bawa mereka menjadi juara 1 pada kategori HEALTH (Smart Public Service) pada awal November kemarin di Jakarta.

TBIG CreatiON 2017 sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi untuk menciptakan solusi kreatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diselenggarakan oleh PT Tower Bersama Infrastructure, Tbk (TBIG).

Kompetisi ini menghasilkan berbagai solusi kreatif atas permasalahan yang dihadapi di lingkungan sekitar, maupun untuk peningkatan layanan bagi masyarakat umum.

Adapun tim mahasiswa Sistem Informasi (SI) UKDW yang terdiri dari David Febriawan Pradana, Nina Wulandari, dan Andrie Kristianto menciptakan aplikasi yang diberi nama Boolala.

Aplikasi mobile ini dapat membantu ibu hamil dan pasangan muda untuk konsultasi, mengontrol kehamilan, berbagi informasi melalui forum, serta terdapat fitur panic button.

Nina Wulandari, mahasiswa semester 3 ini menceritakan tercetusnya ide berawal dari penelitian mereka yang menemukan masih tingginya angka kematian ibu hamil atau bayi yang baru lahir di Indonesia.

"Dari data itu kami tercetus membuat aplikasi untuk konsultasi ibu hamil. Dengan aplikasi ini ibu hamil dapat lebih menjaga kesehatan kehamilannya," terangnya Kamis (16/11/2017).

Sejak awal September tecetus konsep tersebut, mereka lantas mempelajari teknis pembuatan aplikasi berbasis android ini.

Konsultasi ke dosen pembimbing pun dilakukan, hingga akhirnya aplikasi mereka selesai pada awal November dan diikutsertakan dalam kompetis yang diperuntukkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia ini.

"Saat ini kami terus melakukan pengembangan-pengembangan, kami akan menyempurnakan aplikasi ini hingga akhirnya nanti dapat dilepas di pasaran. Nantinya dalam penggunaan aplikasi ini akan bekerjasama dengan rumah sakit," tukasnya.

Sebagai pemenang lomba, tim mahasiswa SI UKDW mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 30 juta dan piagam penghargaan.(*)

Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved