'Revitalisasi Penghargaan terhadap Perbedaan' Jadi Tema Acara Anugerah Sastra dan Seni ke-4

Lomba Sastra dan Seni UGM tahun ini mengangkat tema "Revitalisasi Penghargaan terhadap Perbedaan".

'Revitalisasi Penghargaan terhadap Perbedaan' Jadi Tema Acara Anugerah Sastra dan Seni ke-4
tribunjogja/tantowi alwi
Dekan FIB UGM, Wening Udasmoro dan Sudibyo selaku perwakilan panitia memberikan keterangan pada awak media perihal acara Anugerah Sastra dan Seni ke-4, Kamis (9/11/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Tantowi Alwi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM bekerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) menyelenggarakan acara Anugerah Sastra dan Seni UGM ke-4 dan Lomba Sastra dan Seni UGM 2017.

Kegiatan ini bermaksud sebagai salah satu langkah nyata dalam usaha memberi ruang ekspresi kepada para pelaku sastra dan seni untuk terus berkarya.

Lomba Sastra dan Seni UGM tahun ini mengangkat tema "Revitalisasi Penghargaan terhadap Perbedaan".

"Tema tersebut diangkat untuk mengingatkan kembali realitas bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang plural," kata Wening Udasmoro, Dekan FIB UGM.

Menurut Wening, Indonesia memiliki sejarah panjang dalam menghargai keberagaman dalam berbagai aspek kehidupan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wening melanjutkan dalam aspek tersebut toleransi terhadap perbedaan sangat kental dalam berkehidupan.

"Kuasa media massa semakin tidak terkendali ketika ruang virtual terbuka lebar. Kata-kata yang kurang santun banyak dijumpai dalam berbagai kicauan di sosial media," kata Wening Udasmoro.

Lomba Sastra dan Seni ini menjaring 2149 karya sastra dan seni, yang terkategori ke dalam lomba puisi, cerpen, fotografi, film pendek, penulisan meme, dan kritik sastra.

Malam puncak acara ini akan diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri kampus UGM Bulaksumur, Jumat (10/11/2017).

Acara ini juga menghadirkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono yang juga alumni UGM. (*)

Penulis: Tantowi Alwi
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved